14 Produk UMKM Asal NTT Akan Dipamerkan Saat MotoGP Mandalika 2022

  • Whatsapp

MAUMERE, KOMPAS.com – Sebanyak 14 produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari lima kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) lolos seleksi untuk dipamerkan saat MotoGP Mandalika pada 18 – 20 Maret 2022.

Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) Manggarai Barat, Kandy Mayangsari, mengatakan, 14 produk UMKM yang lolos telah melewati proses seleksi mulai dari tingkat provinsi hingga pusat.

Baca juga:

“Pendaftarannya sampai tanggal 31 Januari 2022 lalu secara daring. UMKM yang sudah didaftar, diseleksi oleh vendor tingkat provinsi dan tingkat pusat,” ujar Kandy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (11/3/2022).

Ia menyebut beberapa kategori produk yang didaftarkan para pelaku UMKM, di antaranya craft, fashion, culinary, home decor, dan fashion dan accessories.

Ilustrasi UMKM makanan dan minumanDokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Ilustrasi UMKM makanan dan minuman

Kandy mengatakan, saat proses seleksi di tingkat provinsi, ada 20 UMKM yang dinyatakan lolos. Namun, setelah diseleksi kembali oleh kurator nasional, hanya 14 UMKM yang dinyatakan lolos.

Adapun 14 UMKM yang lolos seleksi tersebar di lima kabupaten/kota, yakni Manggarai Barat, Ngada, Sikka, Alor, dan Kota Kupang.

Baca juga:

“(Di) Manggarai Barat ada tujuh UMKM, Ngada satu, Kota Kupang tiga, Sikka dua, dan Alor satu,” terangnya. 

Menurutnya, selama proses seleksi tidak ada keterlibatan pihak lain, tetapi murni keputusan pusat.

“Masing-masing pelaku dikontak secara terpisah dan dikurasi secara online sesuai bidang usaha,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts