18 Hari Jelang MotoGP Mandalika, Ini Persiapan Pemerintah

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 tinggal 18 hari lagi. Untuk itu, seluruh kementerian dan lembaga terkait tengah melakukan persiapan akhir dalam rangka dukungan sarana dan infrastruktur saat acara berlangsung, serta mengenai penjualan tiket.

Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani Mustafa mengatakan, pihaknya menjalankan berbagai program promosi, termasuk menyusun paket-paket perjalanan bersama ASITA dan pelaku industri lokal di NTB.

Sehingga wisatawan yang datang nantinya tidak hanya sekadar menyaksikan ajang balap motor kelas dunia, tapi sekaligus berkegiatan wisata, khususnya ke berbagai destinasi yang ada di Pulau Lombok.

Baca juga: Pertamina Jamin Kebutuhan Avtur Pesawat Menuju Lombok Selama Ajang MotoGP

“Karena tinggal 18 hari lagi, pemerintah pusat dan daerah bersinergi dan berkoordinasi terkait berbagai persiapan akhir. Kita selalu mengecek apa-apa saja yang masih kurang. Mulai dari infrastruktur bagi penonton dan atlet, kemudian alur transportasi, dan juga berbagai paket wisata,” ujarnya secara virtual, Rabu (2/3/2022).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan, kapasitas penonton MotoGP Mandalika yang kembali diturunkan menjadi 60.000 dari 100.000 tidak menjadi persoalan.

“Hingga 20 Februari 2022 telah terjual dua jenis tiket grandstand dan general admission. Untuk grandstand dengan kapasitas 50.000 tempat duduk per hari telah terjual kurang lebih 19.000 tiket. Untuk general admission dengan kapasitas 10.000 pack per hari telah terjual kurang lebih untuk 2.000 pack,” katanya.

Baca juga: Penonton MotoGP di Mandalika Bisa Pakai Bus Gratis untuk Akses Transportasi

Gita mengungkapkan, penjualan tiket MotoGP ini memang masih jauh dari target, tetapi Pemprov NTB juga telah menginisiasi strategi lainnya seperti melakukan fasilitasi pemesanan kepada warga secara kolektif melalui dinas provinsi, kabupaten atau kota.

Kemudian, memberi harga khusus bagi masyarakat yang memiliki KTP domisili NTB sebesar 10 persen sebelum pajak, dan melakukan pembatasan harga tertinggi tarif hotel di Provinsi NTB melalui Peraturan Gubernur. Ditargetkan melalui strategi ini, ada 35.000 tiket penonton MotoGP Mandalika yang dapat terjual.

Sebelumnya, sudah ada penandatanganan MoU antara Kemenparekraf dengan Dorna Sports untuk menyelenggarakan MotoGP di Mandalika 18-20 Maret 2022. MoU ditandatangani oleh Menparekraf Sandiaga Uno dan Carlos Ezpeleta selaku Managing Director Dona Sports.

Diharapkan MotoGP Mandalika 2022 menjadi angin segar bagi kegiatan perekonomian, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif untuk masyarakat setempat.

Baca juga: Kemenhub Siapkan 3 Kapal Jadi Penginapan Saat Ajang MotoGP

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts