3.427 Personel Gabungan Diterjunkan untuk Mengamankan MotoGP Mandalika

  • Whatsapp

MATARAM, KOMPAS.com – Sebanyak 3.427 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan gelaran Pertamina Grand Prix of Infonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Personel gabungan itu terdiri dari Polri, TNI, Badan SAR dan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi NTB dan Lombok Tengah.

Mereka semua akan dikerahkan untuk mengamankan ajang balap dunia MotoGP yang akan berlangsung pada 18 hingga 20 Maret 2022 nanti.

Baca juga: Puluhan Kru dan Pebalap MotoGP Mandalika Mulai Berdatangan di Bandara Lombok

“Kemarin kita coba tuangkan dalam rencana operasi itu 3.427 personel, itu gabungan antara jajaran Polda, Polres, Korem, ada BKO dari Mabes Polri,” jelas Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto kepada wartawan usai mengecek kesiapkan pasukan di lapangan Sabhara Polda NTB, Senin (14/3/2022).

Djoko menjelaskan, pengamanan akan difokuskan pada dua lokasi utama yang ada di kawasan Sirkuit Mandalika.

“Personel akan ditempatkan di 47 titik pengamanan, yang kita harus cermati adalah situasi di parkir barat dan parkir timur, di situlah penjagaan atau lokasi tiket ditukarkan dengan gelang tanda masuk, dengan asumsi 65.000 pengunjung,” kata Djoko.

Baca juga: Catat, Rute dan Jadwal Bus Gratis untuk Penonton MotoGP Mandalika

Djoko mengatakan, penonton yang datang dari Bandara Internasional Lombok menuju arah pasar Sengkol akan diarahkan menuju parkir barat. Sementara penonton yang melewati jalur bypass menuju ke Bundaran Songgong akan dirahkan menuju parkir timur.

“Parkir timur dari Bundaran Songgong akan dibagi dua lagi, penonton VIP ke kanan yang bukan penonton VIP lurus ke arah sirkuit, ini situasi yang dinamis di dua lokasi ya, antara jumlah personel dan jumlah pos pengamanan,” katanya.

Related posts