3 Fakta Unik dan Sejarah Singkat yang Perlu Disimak Jelang MotoGP Qatar

  • Whatsapp

Suara.com – Jelang MotoGP Qatar, beberapa fakta menarik tersimpan di sirkuit ini. Mulai dari keseruan balapan malam di lokasi tersebut, hingga catatan-catatan unik lain yang tersaji selama balapan MotoGP diadakan di sana. Tentu saja detailnya akan dibahas di bagian selanjutnya.

MotoGP Qatar 2022 akan diadakan sebagai laga pembuka musim 2022 ini. Tentu saja, dengan kehadiran beberapa pembalap baru sebagai daun segar, dan beberapa pembalap senior yang masih berlaga, seri pembuka ini akan terasa lebih seru.

Fakta Unik Seputar Balapan di Sirkuit Losail

Sete Gibernau dan Valentino Rossi (Motorcycle USA)
Sete Gibernau dan Valentino Rossi (Motorcycle USA)

1. Sete Gibernau, Pertama dan Terakhir

Baca Juga:
Top 5 Sport: Jadwal MotoGP Qatar 2022 Lengkap dari Sesi Latihan hingga Balapan

Dalam seri MotoGP selalu menampilkan pembalap dari tim pabrikan dan satelit. Sete Gibernau, mencatatkan kemenangan perdananya saat berstatus sebagai pembalap tim satelit di sirkuit ini pada 2004 lalu. Kemenangan ini jadi yang pertama dan terakhir seorang pembalap satelit di sirkuit ini.

2. Balapan Malam

Jika biasanya balapan MotoGP diadakan pada siang hari, maka beberapa kali balapan di Qatar justru dilaksanakan di malam hari. Tentu ini jadi keseruan tersendiri, melihat kuda besi dipacu dengan latar belakang gelapnya malam. Namun tak perlu cemas, pencahayaan yang ada di sirkuit benar-benar baik, dan memudahkan pembalap dalam melihat kondisi.

3. Kemenangan Balap Malam Pertama

Untuk sang legenda, Valentino Rossi, sirkuit ini selalu jadi tempat yang istimewa. Pasalnya Rossi pertama kali meraih kemenangan di balapan malam pada laga yang dilangsungkan di sirkuit tersebut, tepatnya pada tahun 2010 silam.

Baca Juga:
Marc Marquez Terkejut dengan Performa Honda di Qatar

Sejarah MotoGP Qatar, BNalap Malam yang Legendaris

Sebenarnya balapan pertama yang diadakan di sirkuit Losail diadakan pada tahun 2004 silam. Namun pada tahun ini, belum dilakukan balap malam seperti yang kini selalu jadi daya tarik dari sirkuit tersebut.

Balapan malam baru diadakan pada tahun 2008, sebagai tanggapan atas keluhan pembalap terkait sirkuit yang licin karena tiupan angin yang membawa pasir. Tak heran, lokasi sirkuit ini memang berada di tengah padang pasir di Qatar.

Sejak saat itu, balapan malam di sirkuit Losail selalu memiliki daya tarik istimewa, baik bagi pemirsa setia MotoGP, pembalap, atau tim yang berlaga di sana. Meski demikian hingga saat ini pula tantangan pada kondisi cuaca terus dihadapi, sehingga menjadikan seri ini menarik untuk dinantikan.

Itu tadi sedikit informasi jelang MotoGP Qatar yang akan dihelat pada hari Minggu, 6 Maret 2022 besok. Semoga informasi ini bisa berguna menjadi bekal menonton seri Qatar, dan selamat beraktivitas kembali!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.