5 Besar MotoGP Portugal 2022: Sempat Unggul Hampir 6 Detik, Fabio Quartararo Juara

  • Whatsapp

Suara.com – Sirkuit Algarve Portugal menjadi saksi dari dominasi Fabio Quartararo. Dengan balapan 25 putaran, momen-momen awal pacuan motor ini diawali dengan start bagus dari Joan Mir, membuatnya melesat di putaran pertama disusul oleh Quartararo dan Jack Miller.

Alex Marquez sempat menjadi pembalap Honda tercepat di awal MotoGP Portugal dengan duduk di urutan 5, unggul satu posisi dari jagoan tim Aprilia, Aleix Espargaro.

Di putaran keempat, pimpinan balapan yang semula dipegang oleh Joan Mir berhasil direbut oleh Fabio Quartararo. Namun duel dari juara dunia MotoGP 2020 dan 2021 ini masih berlangsung ketat.

Mir dan Quartararo berhasil meninggalkan lawan-lawannya dengan selisih sekitar 0,8 detik.

Baca Juga:
Top 5 Sport Sepekan: Jamarr Johnson Sangat Bersemangat untuk SEA Games Hanoi

Beralih ke penghuni barisan tengah saat putaran ke-10, Marc Marquez ‘tersangkut’ di urutan 10, bersama rekan setimnya Pol Espargaro di posisi 9.

Memasuki fase pertengahan balap, Quartararo kian menjauh dari pesaing terdekatnya, Joan Mir. Johann Zarco menduduki posisi ketiga pada momen ini.

Saat balapan masih menyisakan 18 putaran, terjadi duel sengit antara dua pasangan saudara.

Di barisan depan, Alex Marquez sikut-sikutan dengan Aleix Espargaro untuk memperebutkan posisi 5.

Aleix pun berhasil memenangi duel ini. Ditambah dengan Alex Rins yang memanfaatkan momentum, Alex Marquez melorot ke posisi 8, berada di belakang Miguel Oliveira di urutan 7, Rins di posisi 6 dan Aleix di urutan 5.

Baca Juga:
Sama-sama Jadi Pembalap Yamaha, Andrea Dovizioso dan Fabio Quartararo Ternyata Beda Pendapat Soal Motor

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani latihan Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (22/4/2022) (ANTARA/REUTERS/PATRICIA DE MELO MOREIRA)
Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani latihan Grand Prix Portugal, Sirkuit Algarve, Portimao. (22/4/2022) (ANTARA/REUTERS/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Sementara itu, Marc Marquez juga bertarung dengan Pol Espargaro, memperebutkan pososi 9.

Kian tertinggal dari pemimpin balapan, Quartararo, Joan Mir malah kian dipepet oleh pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco. Perebutan posisi kedua pun memanas saat balapan masih menyisakan 16 putaran.

Tak berselang lama, Enea Bastianini, dua kali juara di musim ini malah terjatuh.

Saat balapan tinggal menyisakan 7 putaran, Jack Miller yang berada di posisi empat berusaha mendahului Joan Mir, namun pembalap Ducati ini malah terjatuh dan membawa pembalap tercepat Suzuki tersabut terperosok ke gravel.

Balapan diakhiri dengan keluarnya Fabio Quartararo sebagai pemenang. Berikut adalah 5 besar MotoGP Portugal.

1. Fabio Quartararo

2. Johann Zarco

3. Aleix Espargaro

4. Alex Rins

5. Miguel Oliveira

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.