5 Desa Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan Usai Nonton MotoGP 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ajang balap MotoGP 2022 diselenggarakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Gelaran internasional itu akan menjadikan NTB banjir wisatawan, baik dari pihak official MotoGP maupun penonton. Prediksinya, 2.500 official akan menghadiri event tersebut. Sementara, Sirkuit Mandalika sendiri mampu menampung 100.000 penonton.

Hal ini menjadi angin segar bagi para pelaku industri pariwisata di Mandalika untuk memperkenalkan wisata lokal kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu destinasi wisata lokal yang menjadi unggulan di NTB adalah desa wisata.

Baca juga: Paket Nonton MotoGP Mandalika Mulai Rp 8,7 Juta, Bisa Nginap di Kapal Pinisi

Berikut lima desa wisata yang tak boleh dilewatkan usai menonton MotoGP 2022, berdasarkan rekomendasi platform layanan akomodasi RedDoorz.

1. Desa Wisata Karang Pule

Keunikan dari desa wisata ini adalah wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan para perajin mutiara. Mulai dari cara pengambilan mutiara, proses pengolahan, hingga menjadi suvenir cantik yang dijual di toko-toko milik warga sendiri.

Ilustrasi mutiara di dalam cangkang kerang.SHUTTERSTOCK/Kittisun Ilustrasi mutiara di dalam cangkang kerang.

Karang Pule merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, NTB.

Untuk mengunjungi desa wisata ini, diperlukan perjalanan selama 40 menit dengan jarak 33 kilometer (km) dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid menggunakan kendaraan pribadi. Sementara, jaraknya dari Pelabuhan Lembar kurang lebih 32 kilometer.

2. Desa Wisata Gili Gede Indah

Jika kamu ingin menikmati keindahan laut NTB, kunjungi Desa Wisata Gili Gede Indah. Sebab, desa wisata ini memiliki keunggulan berupa wisata bahari.

Wisatawan akan menemukan banyak pulau-pulau kecil, seperti Gili Asahan, Gili Rengit, Gili Layar, dan Gili Anyaran. Gili, atau pulau kecil tersebut terkenal dengan keindahan bawah lautnya.

Desa Wisata Gili Gede Indah, salah satu desa wisata yang dapat dikunjungi usai menonton MotoGP Mandalika. Wissuta/Shutterstock Desa Wisata Gili Gede Indah, salah satu desa wisata yang dapat dikunjungi usai menonton MotoGP Mandalika.

Desa wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai akomodasi seperti homestay dan vila bagi wisatawan. Selain itu, terdapat warung-warung kecil, toilet, pusat informasi, camping ground, dan pusat kesehatan.

Related posts