4 August 2021 : 02.27

5 Prestasi Nurul Akmal di Level Internasional

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

Jakarta, CNN Indonesia —

Popularitas Nurul Akmal melonjak setelah tampil di Olimpiade Tokyo 2020, padahal lifter asal Aceh ini sudah memiliki sederet prestasi internasional dalam beberapa tahun terakhir.

Wanita yang sudah mengenal olahraga angkat besi sejak sekolah menengah itu mengawali karier dari level daerah. Sukses di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Kejuaraan Nasional, dan Pekan Olahraga Nasional (PON), mengantar sosok yang akrab disapa Amel tersebut menjadi wakil Indonesia di level internasional.

Dalam kurun empat tahun terakhir, putri pasangan Hasballah dan Nurmala merupakan andalan Indonesia di kelas bebas dalam berbagai ajang ketika bersaing dengan lifter-lifter luar negeri.

Amel pun menjadi salah satu dari lima orang lifter yang dikirim ke Olimpiade Tokyo 2020, bersama Eko Yuli Irawan, Rahmat Erwin Abdullah, Deni, dan Windy Cantika Aisah.

Berikut lima prestasi Amel di level internasional:

1. Perak Islamic Solidarity Games 2017

Tampil di kelas +90 kg, Amel mencatatkan angkatan total seberat 230 kg. Amel hanya kalah dari lifter Shaimaa Hardy asal Mesir yang memiliki total angkatan 275 kg.

Sumbangan perak Amel turut membawa Indonesia menempati peringkat kedua khusus di cabor angkat besi dan berada di posisi kedelapan dalam klasemen umum.

Banner Testimoni

2. Peringkat Keenam Asian Games 2018

Amel menjadi wakil Indonesia di kelas +75 kg menduduki peringkat keenam dengan total angkatan 253 kg ketika tampil di hadapan publik sendiri dalam Asian Games 2018.

Sebelumnya pada ajang test event Asian Games yang berlangsung Februari 2018, Amel menjadi juara sekaligus memecahkan rekor pribadinya kala itu.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya…

Qatar Cup, Kejuaraan Asia, Sampai Olimpiade


BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition