50 UMKM Binaan Pertamina Siap Sambut Pengunjung MotoGP 2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 50 UMKM binaan PT Pertamina (Persero) siap menyambut pengunjung MotoGP pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menuturkan, para UMKM binaan perseroan menempati berada di Area Thunnel 2.

Saat ini UMKM binaan tengah mempersiapkan berbagai hal, antara lain menyiapkan booth dan aneka ragam pilihan produk makanan dan minuman siap saji baik berat seperti nasi balap puyung, soto, ayam taliwang, dll maupun makanan ringan seperti kue-kue, buah dan aneka camilan yang siap saji.

Baca juga: Saran KemenKopUKM jika Pelaku Usaha Mikro Butuh Pendampingan

 

“Menonton persaingan raider MotoGP disertai menikmati makanan dan minuman khas Lombok dan Mandalika bisa menjadi kepuasan tersendiri,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (17/3/2022).

Selain makanan dan minuman, penonton juga dapat membeli aneka ragam kerajinan dan kain tenun berkualitas yang menonjolkan adat dan budaya setempat.

“Ajang prestisius MotoGp Mandalika diharapkan mampu menciptakan peluang menarik bagi UMKM lokal,” lanjut dia.

Terpilihnya 50 UMKM ini merupakan hasil kerja sama antara Pertamina dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“50 UMKM ini sangat antusias untuk bisa melayani kebutuhan penonton dengan sajian berbagai aneka makanan dan minuman yang menarik,” tambah Fajriyah.

Keterlibatan UMKM binaan dalam ajang balap motor internasional di Pertamina Mandalika International Street Circuit ini menjadi salah satu bukti dukungan BUMN ini dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals), khususnya di point 8 terkait dengan penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social and Governance) di seluruh wilayah operasional Pertamina.

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi Desa, PGN akan Tambah Jumlah Balkondes yang Dibina

Pertamina berharap agar keberadaan Pertamina Mandalika Street Circuit yang diawali dengan event Asia Talent, World Superbike (WSBK) November lalu, menyusul ajang MotoGP 18-20 Maret, berdampak luas bagi pertumbuhan perekonomian nasional khususnya bagi pelaku industri pariwisata dan UMKM lokal.

“Semoga keberadaannya menjadi peluang bagi pelaku usaha dan UMKM untuk melakukan penetrasi ke pasar global yang lebih luas,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts