6 Tempat Menginap Saat Nonton MotoGP 2022 Jika Hotel di Lombok Penuh

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Hotel di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dikabarkan mulai penuh menjelang gelaran MotoGP Mandalika 2022 pada 18-20 Maret mendatang.

Berdasarkan data Asosiasi Hotel Mataram, tingkat okupansi penginapan di wilayah tersebut telah mencapai 99 persen pada 18-20 Maret 2022, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan resmi RedDoorz.

Kondisi ini menunjukan antusiasme calon penonton terhadap ajang balap internasional tersebut.

Baca juga: 

Namun, hal ini bukan berarti menutup kesempatan bagi calon penonton untuk mendapatkan akomodasi saat menyaksikan MotoGP 2022.

Ada beberapa daerah lain di NTB dan Bali yang dapat menjadi lokasi menginap sekaligus berwisata saat menyaksikan MotoGP Mandalika.

1. Desa Sembalun

Lanskap Desa Sembalun terlihat dari puncak Bukit Pergasingan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Lanskap Desa Sembalun terlihat dari puncak Bukit Pergasingan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Kamis (19/3/2015). Puncak Bukit Pergasingan menjadi pilihan wisata trekking di Lombok Timur untuk menyaksikan matahari terbit dan lanskap Gunung Rinjani. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Desa Sembalun, Lombok Timur, berada di kaki Gunung Rinjani. Lokasinya berjarak 99 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit menuju Sirkuit Mandalika, tempat diadakannya MotoGP 2022. 

Meski jaraknya cukup jauh, namun Desa Sembalun menawarkan pemandangan Gunung Rinjani dan petak sawah. Wisatawan yang menginap di desa ini dapat menikmati pemandangan alam yang tidak kalah dengan pantai-pantai di Lombok.

Desa Sembalun cocok bagi wisatawan yang ingin menghilangkan penat serta beristirahat di tempat yang tidak terlalu ramai. Walau berada di kaki gunung, ada sejumlah penginapan di desa ini.

Baca juga: Tiket Hari Ketiga MotoGP Mandalika, Termasuk Pesawat dan Hotel Mulai Rp 8,9 Juta

2. Tiga Gili

Ilustrasi Gili Trawangan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Gili Trawangan.

Tiga Gili yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno terletak di Lombok Utara. Perjalanan dari Tiga Gili menuju Sirkuit Mandalika harus menggunakan jalur laut.

Namun, biasanya transportasi laut tersebut menjadi satu paket menonton MotoGP yang ditawarkan oleh agen wisata. Salah satunya paket tur MotoGP yang ditawarkan oleh Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) di Gili Trawangan, seperti dikutip Kompas.comRabu (9/2/2022).

Tiga Gili termasuk tempat wisata populer di NTB. Ketiganya memiliki pantai pantai pasir putih, serta alam bawah lautnya yang bisa menjadi lokasi snorkeling dan diving favorit para wisatawan.

Baca juga: 4 Desa Wisata Ini Wajib Dikunjungi Selagi di Mandalika Nonton MotoGP

3. Padangbai

Pantai Bias Tugel di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.http://tourism.karangasemkab.go.id/ Pantai Bias Tugel di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Padangbai berada di Bali Timur yang berseberangan dengan Pulau Lombok. Perjalanan dari Padangbai juga harus melalui jalur laut menggunakan speed boat selama satu setengah jam.

Wilayah ini memiliki pelabuhan yang menjadi akses utama dari Pulau Bali menuju NTB, serta pantai pasir putih yang bisa dinikmati wisatawan. 

Tempat tersembunyi di Bali ini menawarkan berbagai aktivitas, mulai dari memancing, berenang, snorkeling, diving, hingga sekadar bersantai sambil menikmati panorama pantai.

Baca juga: 5 Desa Wisata yang Tak Boleh Dilewatkan Usai Nonton MotoGP 2022

Related posts