Alex Rins dan Joan Mir Cuma Pakai Motor 250cc Saat Parade Pebalap MotoGP

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Para pebalap MotoGP yang akan bertanding di seri kedua MotoGP 2020 Mandalika baru saja melakukan parade di Jakarta, Rabu (15/3/2022).

Terlihat ada 20 pebalap yang terdiri dari 16 pebalap MotoGP, dua pebalap Moto2, satu pebalap Moto3, dan satu pebalap Asia Talent Cup.

Setelah bertemu Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, para pebalap pun langsung menunggangi motor untuk melakukan parade ke Bundaran Hotel Indonesia.

Baca juga: Jokowi Ungkap 60.000 Tiket MotoGP Mandalika 2022 Sudah Habis

Para pebalap MotoGP melakukan parade di JakartaDokumentasi Sekretariat Presiden Para pebalap MotoGP melakukan parade di Jakarta

Setiap pebalap menggunakan motor yang beragam, tentunya dari merek yang sesuai dengan tim balapnya. Terlihat ada yang pakai superbike 1.000 cc dari merek Ducati, dan Yamaha, begitu juga dengan motor Homologasi MotoGP yakni Honda RC213V-S.

Terlihat dari 16 pebalap MotoGP, Joan Mir dan Alex Rins menggunakan motor Suzuki Gixxer SF 250 dengan kelir Suzuki Ecstar berwarna biru-silver. Berbeda dengan pebalap lain, motor yang digunakan punya kapasitas mesin 250 cc.

Terlihat kedua pebalap Suzuki Ecstar ini pun berkendara dengan posisi yang lebih tegak dibanding pebalap lainnya yang menggunakan superbike.

Baca juga: Perkembangan Kasus Penipuan di Diler Honda MT Haryono

Suzuki Gixxer SF 250KOMPAS.com/ADITYO WISNU Suzuki Gixxer SF 250

Untuk spesifikasinya, Gixxer SF 250 mengusung mesin satu silinder 250 cc. Mesin tersebut memiliki bore x stroke 76 mm x 54,9 mm mampu menghasilkan tenaga 26,5 PS atau setara 24 tk pada 9.000 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 7500 rpm.

Kemudian, motor ini juga masih memakai sistem pendinginan udara, dengan tambahan oil cooler. Tapi oil cooler-nya ini dibuat lebih canggih oleh Suzuki, yang diberi nama SOCS (Suzuki Oil Cooling System).

Jadi sistem ini memiliki oil jacket atau jalur oli di sekitar kepala silinder. Ketika mesin telah membaca suhu cukup panas, oli yang dingin itu akan bersirkulasi di seputar kepala silinder untuk mendinginkan suhu mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts