Andrea Dovizioso Putuskan Pensiun, Seri San Marino akan Jadi Balapan Terakhirnya

  • Whatsapp

Suara.com – Kabar tak terduga datang dari MotoGP. Pembalap WIthU Yamaha RNF, Andrea Dovizioso memutuskan untuk pensiun pada Kamis (4/8/2022) waktu setempat.

Keputusan ini sudah bulat dan tak bisa diganggu gugat. Namun ia akan tetap membalap sampai seri San Marino yang digelar pada bulan depan (4/9/2022).

Memang, ia mengalami masa yang cukup sulit dimana dari beberapa seri yang telah dilaluinya, tak satupun ia meraih podium.

Bahkan ia hanya menempati posisi ke-22 klasemen sementara MotoGP dengan raihan 10 poin.

Baca Juga:
Top 5 Sport: Klasemen Perolehan Medali ASEAN Para Games 2022 Usai Hari Kelima

Apalagi di musim depan, tim WithU Yamaha RNF sudah tak ada lagi karena pihak RNF Racing memutskan untuk tak bekerja sama lagi dengan Yamaha.

“Tentu kami sedih mendengar Andrea pensiun lebih cepat dari yang diharapkan. Dia punya nama yang besar di MotoGP, dan dia akan dirindukan di paddock.” ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing dilansir dari MotoGP.com.

“Kami merasa sangat beruntung musim lalu Andrea mau bergabung dengan kami, menjadi pengganti Franco Morbidelli yang pindah ke tim pabrikan Yamaha,” tambahnya.

“Keahlian dan pengalaman Andrea sangat menarik bagi Yamaha dan tim RNF, sehingga kami setuju untuk projek di musim 2022 ini,” lanjut Lin Jarvis.

Andrea Dovizioso saat jalani tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika (Instagram)
Andrea Dovizioso saat jalani tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika (Instagram)

Sayangnya, Dovizioso tak beruntung ketika membela tim satelit Yamaha. Ia gagal menunjukkan performa terbaiknya meskipun telah berjuang keras untuk meraih hasil maksimal.

Baca Juga:
Statistik MotoGP Inggris di Silverstone

Dovi pun memilih untuk mengakhiri karir sebagai pembalap MotoGP. Seri San Marino menjadi seri terakhir Andrea Dovizioso.

Sebelum seri San Marino, ia tetap akan balap di MotoGP Inggris dan Austria. Dovi pun tak lupa untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada Yamaha yang telah memberikan kesempatan untuk membalap bersamanya.

“Saya berterima kasih kepada Lin, saya sangat setuju dengannya. Di 2012 pengalaman dengan pabrikan Iwata Jepang ini sangatlah positif, dan sejak itu saya selalu berharap bisa masuk tim pabrikan Yamaha,” kata Andrea Dovizioso.

“Kemungkinan ini muncul dengan sendirinya, sebenarnya sudah ada sejak tahun 2021 lalu. Saya memutuskan untuk kembali (ke MotoGP) karena saya sangat percaya pada proyek ini dan kemungkinan bisa berhasil. Sayangnya dalam beberapa tahun terakhir MotoGP telah berubah,” lanjutnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Yamaha, tim RNF, WithU, dan sponsor lain yang telah terlibat proyek ini. Petualangan saya akan berakhir di Sirkuit Misano, tetapi hubungan dengan semua orang di MotoGP tetap utuh selamanya, terima kasih semua” pungkasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.