Arti Nama Mandalika, Seorang Putri yang Mengorbankan Diri

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Indonesia tengah gegap gempita menyambut gelaran Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika.

Grand Prix of Indonesia atau juga dikenal MotoGP Mandalika menjadi salah satu seri ajang balap paling bergengsi dunia, MotoGP 2022.

Jadwal MotoGP Mandalika 2022 mulai dari latihan bebas/free practice pada Jumat (18/3/2022) dan race pada Minggu (20/3/2022) di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Terlepas dari event tersebut, Mandalika yang tersemat dalam nama sirkuit atau MotoGP Mandalika, adalah sebuah nama Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

KEK adalah daerah khusus yang dijadikan oleh pemerintah Indonesia sebagai kawasan pariwisata, industri, atau penunjang ekonomi negara lainnya.

Baca juga: Profil Sirkuit Mandalika, Venue Balapan MotoGP dan Asia Talent Cup Indonesia

Sasaran pengembangan KEK biasanya di daerah yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategis.

Dikutip dari laman resmi KEK Indonesia, sejauh ini sudah ada 18 kawasan berkategori KEK, di antaranya Mandalika, Arun Lhokseumawe, Galang Batang, Kendal, Sorong, hingga Tanjung Lesung.

KEK Mandalika

KEK Mandalika terletak di bagian selatan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan luas area sebesar 1.035,67 hektare dan menghadap Samudera Hindia.

Presiden RI Joko Widodo, meresmikan Mandalika sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus pada tahun 2017.

Baca juga: Hasil FP2 Moto3 Mandalika: Andrea Migno Tercepat, Mario Aji Perbaiki Catatan Waktu

KEK Mandalika menawarkan pesona wisata bahari berupa pantai dan bawah laut. Selain itu, Sirkuit Mandalika juga menjadi ikon terkemuka di kawasan tersebut.

Related posts