Aturan Lengkap Panduan CHSE bagi Penonton MotoGP Mandalika 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Jelang MotoGP 2022 di Mandalika, pihak penyelenggara telah menetapkan panduan penerapan CHSE, atau Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Panduan ini ditetapkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Tujuannya yakni meminimalkan risiko penularan Covid-19 dan antisipasi kejadian darurat lainnya selama penyelenggaraan event Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 (MotoGP 2022).

Baca juga: 6 Tempat Menginap Saat Nonton MotoGP 2022 Jika Hotel di Lombok Penuh

Secara umum, penerapan CHSE ini akan mewajibkan seluruh pihak yang terlibat untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Selain itu, mewajibkan seluruh pihak yang berada dalam area agar selalu menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) sesuai dengan peraturan, terutama masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

Panduan CHSE berlaku bagi seluruh pekerja, penonton, vendor, sponsor, tenant, pengisi acara dan seluruh pihak terkait yang terlibat langsung dalam event.

Untuk memastikan penyelenggaraan MotoGP 2022 berjalan dengan baik serta mengantisipasi kedaruratan, Vice President Corporate Secretary ITDC I Made A. Dwiatmika mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyusun panduan pelaksanaan CHSE event ini.

Baca juga: 4 Desa Wisata Ini Wajib Dikunjungi Selagi di Mandalika Nonton MotoGP

“Saat ini, Panduan CHSE tersebut sudah selesai dan kami mulai menerapkan panduan tersebut. Kami yakin panduan ini dapat dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam event ini,” ujar dia, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (14/3/2022).

Panduan CHSE pada transportasi publik (Shuttle Bus)

Berikut panduan CHSE pada shuttle bus yang akan diterapkan:

  • Kendaraan sudah melalui proses disinfektan sebelum digunakan penonton
  • Tersedia hand sanitizer di dalam moda transportasi
  • Penempatan petugas dan sarana informasi terkait penyampaian imbauan, panduan, dan anjuran mengenai kebersihan, kesehatan, dan keselamatan yang akan diterapkan
  • Personel dan pengemudi menggunakan masker dan sarung tangan (jika diperlukan) saat bertugas
  • Personel dan pengemudi shuttle bus sudah harus divaksin lengkap (dua dosis) serta wajib mengikuti proses swab antigen sebelum hari pelaksanaan kerja
  • Petugas memastikan penonton untuk menjaga jarak aman terutama di antrean shuttle

Baca juga: Tiket Hari Ketiga MotoGP Mandalika, Termasuk Pesawat dan Hotel Mulai Rp 8,9 Juta

Related posts