Berkat MotoGP, Penumpang Pesawat Rute Jakarta-Lombok Naik 155 Persen

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ajang MotoGP Mandalika 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia berdampak langsung pada sektor penerbangan Tanah Air.

Event yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 18 – 20 Maret 2022 tersebut menjadi magnet sektor pariwisata nasional.

Betapa tidak, lalu lintas penerbangan dari Jakarta ke Lombok misalnya, langsung mengalami lonjakan yang signifikan.

“Lalu lintas penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia ke Bandara Lombok mengalami peningkatan signifikan pada 17 – 20 Maret 2022,” kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Cerita Penonton MotoGP Menginap di Tempat Tidur Terapung Gratis

Dia mengatakan lalu lintas penerbangan di rute Jakarta – Lombok – Jakarta meningkat hingga 155 persen saat gelaran balapan roda dua itu berlangsung.

Pada 17 – 20 Maret (Kamis – Minggu) atau saat Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung, jumlah pergerakan penumpang pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok dan sebaliknya mencapai hingga 25.017 orang.

Capaian tersebut setara dengan peningkatan sebesar 155 persen dibandingkan dengan Kamis – Minggu pekan sebelumnya yakni tanggal 10 – 13 Maret yang sebanyak 9.790 orang.

Sejalan dengan itu, jumlah pergerakan pesawat juga melonjak drastis dari sebelumnya 68 penerbangan menjadi 215 penerbangan.

Pada periode yang sama yakni 17 – 20 Maret 2022, pergerakan pesawat di rute Jakarta – Bali – Jakarta tercatat 322 penerbangan.

“Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan kelas utamanya MotoGP, menjadi magnet wisatawan dan turut menggairahkan sektor penerbangan,” jelasnya.

Related posts