Buntut Serangan ke Ukraina, Empat Badan Tinju Dunia Kompak Jatuhkan Sanksi kepada Rusia

  • Whatsapp

Liputan6.com, Jakarta Empat badan tinju profesional paling berpengaruh di dunia telah menjatuhkan sanski terhadap Rusia atas aksi invasi nyang dilakukan negara tersebut kepada Ukraina. WBA, WBO, WBC, dan IBO sama-sama menolak mengeluarkan izin pertandingan bagi duel yang berlangsung di negara tersebut. 

Rusia seperti diketahui tengah berperang melawan Ukraina. Serangan yang berlangsung sejak Kamis pekan lalu tersebut, telah menimbulkan korban jiwa dan kerusakan fasilitas penting di sejumlah kota. Ratusan ribu penduduk Ukraina dan pendatang terpaksa mengungsi demi keselamatan mereka. 

Perang yang dikobarkan oleh Rusia memicu kecaman dari banyak pihak, termasuk olahragawan. Tidak hanya lewat seruan melalui pesan lewat spanduk jelang duel Barcelona Vs Napoli di babak play off 16 besar Europa League 2021/22 saja. FIFA dan UEFA juga ikut bereaksi keras atas invasi Rusia. 

Otoritas sepak bola dunia dan Eropa itu telah melarang seluruh tim asal Rusia dan tim nasionalnya bertanding di pentas internasional. “Sepak bola benar-benar bersatu di sini dan bersolidaritas kepada orang-orang yang terdampak di Ukraina,” tulis pernyataan resmi bersama FIFA dan UEFA.

Klub-klub asal Rusia seperti Spartak Moskow juga telah didiskualifikasi dari Liga Europa. Sementara, timnas Rusia tak akan memainkan laga play-off Piala Dunia mereka. Sementara di Liga Inggris, pemilik Chelsea, Roman Abramovich juga telah menyerahkan pengelolaan klub kepada orang kepercayaannya. Taipan asal Rusia itu juga tengah menjadi incaran pemerintah Inggris akibat perang Rusia-Ukraina. 

 

Tyson Fury juara dunia kelas berat versi WBO, IBO dan WBA adalah pendukung setia Manchester United. Selain itu, ia gemar bernyanyi seperti yang dilakukannya usai mengalahkan Wladimir Klitschko beberapa pekan lalu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.