Catat Regulasi Penonton MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Perhelatan MotoGP Indonesia 2022 atau Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar akhir pekan ini, 18-20 Maret 2022. Agar semua berjalan tertib dan lancar, tentunya ada sejumlah peraturan yang harus ditaati.

Sebab, ini adalah pertama kalinya sejak 25 tahun lalu di mana Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap paling bergengsi. Tahun ini, balapan akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok.

Baca juga: ITDC dan MGPA Pastikan Kargo Logistik MotoGP Aman di Mandalika

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pemilik sirkuit dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola sirkuit, telah menetapkan beberapa regulasi yang wajib dipatuhi penonton di Sirkuit Mandalika.

Seorang pekerja berdiri di bukit 360 Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (28/1/2022). Pemerintah resmi menyetujui penambahan jumlah kapasitas penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu orang untuk gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.AHMAD SUBAIDI Seorang pekerja berdiri di bukit 360 Pertamina Mandalika International Street Circuit di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (28/1/2022). Pemerintah resmi menyetujui penambahan jumlah kapasitas penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu orang untuk gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

“Masih sama (peraturannya),” ujar Wakil Direktur MGPA Cahyadi Wanda, saat ditanya Kompas.com, mengenai regulasi penonton MotoGP, belum lama ini.

Persyaratan menonton yang paling utama adalah wajib memiliki tiket dan memindai QR Code saat memasuki area Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Tingkat Kenyamanan Nonton MotoGP Mandalika Berdasarkan Harga Tiket

Sedikit berbeda dengan regulasi saat penyelenggaraan World Superbike (WorldSBK), untuk MotoGP penonton tidak diwajibkan untuk melakukan swab antigen atau PCR, yang penting sudah dua kali vaksin Covid-19.

Regulasi penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit MandalikaDok. ITDC Regulasi penonton Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika

Selanjutnya, setiap penonton wajib duduk di kursi Grandstand atau tribun penonton yang sesuai dengan kategori tiket yang dibeli, tidak masuk ke area-area yang dibatasi atau dilarang aksesnya, serta menjaga kebersihan di area Sirkuit Mandalika dan sekitarnya.

Untuk mengantisipasi cuaca terik ataupun hujan, penonton disarankan untuk membawa kacamata hitam, sunscreen (tabir surya), topi, dan jas hujan.

Baca juga: Promo Mitsubishi Xpander di JAW 2022, Tanpa Inden Diskon Rp 10 Juta

Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Dilarang untuk membawa payung, karena dikhawatirkan payung terbang tertiup angin dan jatuh di tengah sirkuit. Tentunya, akan sangat berbahaya bagi pebalap.

Selain itu, dilarang keras membawa senjata tajam atau benda berbahaya. Drone, wadah kaca, tongkat selfie, benda besi, benda atau cairan yang mudah terbakar, ransel/tas besar, laser, minuman beralkohol, poster, bendera/spanduk, terompet, serta makanan dan minuman dari luar juga tidak diperkenankan untuk dibawa masuk ke area sirkuit.

Baca juga: Harga Suzuki Jimny Tembus Rp 500 Juta Lebih, Unit Ready

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Untuk pembelian makanan dan minuman, penonton dapat melakukannya pada gerai yang tersedia di dekat masing-masing area grandstand.

Lalu, tidak diperkenankan untuk menyiarkan kembali jalannya balapan alias live video, baik dari media sosial maupun platform lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts