Dirut MGPA: Homologasi Diberikan, MotoGP Indonesia Siap Bergulir

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Direktur Utama MGPA (Mandalika Grand Prix Association), Priandhi Satria, memastikan bahwa Sirkuit Mandalika telah mendapatkan homologasi grade A dari FIM (Federasi Olahraga Motor Dunia).

Pertemuan yang akhirnya menentukan status homologasi Pertamina International Street Circuit itu dilangsungkan pada Jumat (18/3/2022) sore setelah sesi sesi Free Practice kedua MotoGP selesai bergulir.

Priandhi menyebut FIM telah memberikan homologasi grade A yang diperlukan agar Pertamina Grand Prix of Indonesia dapat bergulir.

“Sebagian pebalap MotoGP hadir dalam rapat yang antara lain dihadiri CoC (Clerk of Course), perwakilan IMI, Mike Webb selaku Race Director, Carlos Ezpelata selaku Managing Director Dorna, dan Loris Capirossi (safety advisor Dorna), mendiskusikan mengenai masukan para pebalap terkait kondisi lintasan,” tuturnya.

“Setelah melakukan diskusi, FIM akhirnya menyetujui untuk memberikan homologasi grade A sehingga kita bisa melangsungkan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.”

Baca juga: MotoGP Mandalika, Motor Mogok Tak Halangi Quartararo Cetak Rekor

“Alhamdulillah, lintasan sudah bisa dipakai untuk ajang balap tersebut.”

“Tentu ini tidak lepas dari dukungan Pak Hadi Tjahjanto sebagai komandan lapangan, kementerian terkait, semua pihak, agar kita bisa melakukan ajang ini Sabtu dan Minggu esok.”

Priandhi juga mengatakan bahwa para pebalap merasa lebih nyaman dengan lintasan Sirkuit Mandalika sekarang ketimbang saat tes pramusim.

“Jadi, dari sisi permukaan lintasan, friksi, kelengketan ban, itu mereka merasa nyaman dan jauh lebih baik dari permukaan lintasan saat pramusim,” ujarnya menambahkan.

“Masukan pebalap cukup positif sehingga FIM memberikan homologasi Grade A.”

“Tentunya ini bukan hanya lintasan tetapi juga sisi safety, lubang pagar depan paddock dibesarkan, gravel diperbaiki, pengecatan garis masuk pit in dan pit out.”

“Sehingga, pengerjaan sudah 100 persen dilakukan dan homologasi akhirnya diberikan untuk MotoGP Indonesia 2022.” 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts