Ducati Kembali Gigit Jari, Front Ride Height Device Resmi Dilarang pada MotoGP 2023

  • Whatsapp

Liputan6.com, Jakarta Komisi Grand Prix atau GP Commission akhirnya secara resmi melarang penggunaan peralatan front ride height pada MotoGP 2023. Ducati sebagai pioner bagi teknologi ini dipastikan bakal gigit jari. 

Seperti diketahui, ride height device mulai dikenal pada balapan MotoGP sejak 2018. Peralatan ini pertama kali digunakan oleh tim Ducati untuk membantu menurunkan bagian belakang motornya sehingga mendapat akselerasi tambahan saat mengawali balapan. 

Seperti dilansir dari Autosport, Ducati kemudian mengembangkan lagi teknologi tersebut. Setahun kemudian, Ducati memperkenalkan front height device yang bertujuan untuk menurunkan ban belakang saat menikung sehingga memiliki daya cengkram lebih kuat dan akselerasi tambahan.

Pada tes pramusim 2022 lalu, Ducati terlihat menggunakan alat tersebut pada ban depan motornya. Sejak balapan seri pertama di Qatar, keselamatan penggunaaan ride height divices pun semakin rampai dibahas. Pertemuan lima pabrikan besar akhirnya menghasilkan suara 5:1 terhadap perubahan peraturan mengenai penggunaan teknologi front ride height devices pada balapan MotoGP.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.