F1 Batalkan Kontrak Rusia usai Invasi Militer ke Ukraina

  • Whatsapp

Liputan6.com, London – Formula 1 (F1) tidak akan menggelar balapan di Rusia pada 2022. Operator kompetisi memutuskan kontrak dengan promotor GP Rusia menyusul invasi negara tersebut ke Ukraina, Kamis (3/3/2022).

Rusia memilki kontrak dengan F1 untuk menggelar balapan jet darat hingga 2025. Rencananya ajang tahun ini berlangsung di Sochi Autodrom pada 25 September.

Sebelumnya F1 hanya membatalkan ajang 2022. “Kami telah menyudahi kontrak yang berarti Rusia tidak akan memiliki balapan di masa depan,” tulis keterangan resmi F1.

Badan balap dunia (FIA) sebelumnya mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. Namun, mereka tetap mengizinkan pembalap Rusia dan Belarus berpartisipasi di ajang balap dunia dengan kapasitas netral.

Sementara Federasi Motorsport Inggris menangguhkan lisensi para pebalap Rusia dan Belarus sehingga tidak dapat berkompetisi di negara tersebut.

Rusia masuk kalender F1 sejak 2014. Presiden Vladimir Putin kerap hadir dan menyerahkan trofi di podium.

 

Invasi Rusia sejak 24 Februari 2022 tidak hanya menghancurkan sejumlah objek vital di Ukraina, tapi juga pudarnya kepercayaan global pada Rusia sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.