Fakta-fakta Kemenangan Bastianini dan Kejayaan Italia di MotoGP Qatar

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Keberhasilan Enea Bastianini menjadi pemenang MotoGP Qatar 2022 pada Minggu (6/3/2022) menutup pekan yang dramatis bagi rider-rider asal Italia.

Enea Bastianini menorehkan kemenangan pertamanya di kelas premier MotoGP setelah berduel dengan rider Repsol Honda Pol Espargaro.

Hasl ini impsresif mengingat Bastianini finis maksimal di peringkat ketiga bersama tim Avintia Ducati musim lalu.

Kemenangan Bastianini juga mengharukan karena datang setelah bos Gresini, Fausto Gresini, meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 di Bologna pada Februari 2021.

Janda Fausto, Nadia Padovani, yang kini menjabat sebagai team principal tertangkap kamera menonton lap terakhir balapan di Sirkuit Internasional Lusail tersebut dengan sangat emosional dan berkaca-kaca.

Ini kali pertama tim Gresini Racing memenangi balapan kelas premier sebagai tim mandiri sejak balapan di Estoril pada 2006.

Berikut adalah beberapa fakta kemenangan Batianini dan juga kejayaan Italia di MotoGP Qatar 2022:

Kemenangan Perdana Bastianini di Kelas Premier

Bastianini menjadi pebalap Italia ke-25 yang berhasil menjadi pemenang di kelas premier. Kemenangan terakhirnya sebelum ini datang di Emilia Romagna pada 2020 saat masih membalap di Moto2.

Bagi Ducati, keberhasilan pebalap berusia 24 tahun tersebut menjadi kemenangan ke-59 pabrikan asal Bologna itu di kelas premier.

Related posts