H-2 MotoGP Mandalika, 80 Anjing Liar di Area Sirkuit Ditangkapi

  • Whatsapp

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com – Selama lebih dari sepekan, 80 ekor anjing liar ditangkap Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB) di area Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Puluhan anjing tersebut ditangkap dan dievakuasi menuju dog shelter atau tempat penitipan anjing tak jauh dari kawasan Sirkuit Mandalika.

“Sejauh ini pihak kami sudah sudah menangkap anjing di kawasan sirkuit sebanyak 80 ekor,” kata Kepala BKSDA NTB Joko Iswanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Momen Jelang MotoGP Mandalika, Fabio Quartararo Beli Kartu Perdana hingga Jokowi Lemes Batal Riding Bareng

Joko menuturkan, pihaknya hingga saat ini masih menyisir penangkapan anjing liar tersebut hingga H-2 perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 18 Maret mendatang.

“Sampai saat ini masih kita sisir untuk melakukan sterilisasi, terutama di ring 1 Sirkuit Mandalika, dan di depan paddock (tempat penyimpanan kendaraan),” kata Joko.

Dia menerangkan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi pihak BKSDA terkait penangkapan anjing liar tersebut. 

Di antaranya faktor cuaca alam yang sering hujan sehingga pihaknya kesulitan mencari. 

“Sering hujan di sana juga, membuat kita kesulitan menangkap anjing-anjing itu,” kata Joko.

Selain itu, kendala yang dihadapi BKSDA yakni masih ada lubang atau pagar yang menganga akibat aktivitas pekerjaan sirkuit masih berlangsung.

“Kendala kita juga masih banyaknya lubang yang kebuka, jadi anjing ini masih bisa keluar masuk. Kita sudah sampaikan masukan ini kepada pihak penyelenggara,” kata Joko.

Baca juga: 4 Lokasi Gerai Penukaran Tiket MotoGP Mandalika dan Rute Layanan Bus Gratis Menuju Sirkuit

Related posts