Hanya Ada 2 Titik, Lokasi Penukaran Tiket MotoGP Mandalika Potensi Timbulkan Penumpukan Penonton

  • Whatsapp

MATARAM, KOMPAS.com – Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat mengkhawatirkan potensi penumpukan penonton di lokasi penukaran tiket MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mendatang.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto mengakui, salah satu kendala yang dihadapi kepolisian adalah upaya pengaturan massa yang akan memadati Lombok Tengah.

Pasalnya, hingga saat ini hanya terdapat dua lokasi penukaran tiket yang berpotensi besar terjadinya penumpukan penonton.

Baca juga: 3.472 Personel TNI-Polri Diterjunkan Amankan MotoGP Mandalika

“Kekhawatiran itu terkait dengan mekanisme penukaran tiket penonton yang mencapai puluhan ribu,” kata Artanto, Rabu (9/3/2022).

Artanto mengungkapkan, dari rancangan sementara, penukaran tiket MotoGP Mandalika hanya dilakukan di dua titik yakni di parkir timur dan barat.

Pihaknya meminta agar pihak PT Indonesia Tourism Development Corporition (ITDC) selaku penyelenggara kegiatan segera menambahkan lokasi penukaran tiket mengingat event sebentar lagi akan berlangsung.

“Kapolda meminta kepada PT ITDC dan turunannya agar menambah lokasi tempat penukaran tiket di pintu-pintu masuk NTB seperti pelabuhan dan bandara, tidak di parkir timur dan barat saja,” kata Artanto

Masukan tersebut disampaikan Artanto agar pihak terkait segera mengambil langkah taktis untuk menghindari penumpukan atau antrean panjang penonton yang akan ke Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Ini Rute Penonton MotoGP yang Datang dari 2 Pelabuhan di Lombok Barat

 

Polda NTB memprediksi perhelatan balap motor internasional tersebut akan dihadiri 65.000 sampai 100.000 orang.

“Bila terjadi penumpukan yang berakibat terhentinya akses penonton ke sirkuit, yang akan disalahkan adalah kurang profesionalnya panitia yang tidak hanya polisi, tapi pihak terkait penyelenggara event,” tegas Artanto.

Related posts