Hasil F1 GP Italia: Max Verstappen Juara di Belakang Safety Car, Charles Leclerc Runner Up

  • Whatsapp

Suara.com – Max Verstappen menjuarai F1 GP Italia setelah finis di belakang safety car untuk menghalangi kemenangan Ferrari di kandangnya saat polesitter Charles Leclerc terpaksa finis runner-up pada Minggu (11/9/2022).

Pebalap 24 tahun dari tim Red Bull itu tampak meyakinkan untuk mengamankan kemenangan sebelum safety car keluar pada lap 48 menyusul mobil McLaren Daniel Ricciardo yang mogok di lintasan.

Hal itu memungkinkan lima pebalap teratas masuk pit berganti ban soft untuk mengatisipasi restart.

Tapi, mobil Ricciardo tak dapat dievakuasi hingga lap ke-53 dan balapan berakhir di bawah kawalan safety car saat Verstappen memimpin lomba di depan Leclerc. George Russell melengkapi podium untuk Mercedes, demikian laman resmi Formula 1.

Baca Juga:
Leclerc Raih Pole, Berikut Susunan Posisi Start GP Italia

Ini adalah kemenangan kelima secara beruntun Verstappen dan kesebelas dalam 16 balapan musim ini.

Dia memperlebar jaraknya di puncak klasemen menjadi 116 poin dari Leclerc dengan enam balapan tersisa.

Apabila Verstappen mencetak 22 poin lebih banyak dari Leclerc dalam balapan selanjutnya di Singapura pada 2 Oktober, perebutan gelar juara dunia akan berakhir. Apabila sebaliknya, maka pertarungan berlanjut ke Jepang satu pekan berselang.

“Kamu layak mendapatkan kemenangan itu. Sayangnya tidak berlangsung hingga akhir tapi kamu punya mobil terkencang sepanjang akhir pekan ini,” kata bos tim Red Bull Christian Horner kepada Verstappen seperti dimuat ANTARA.

“Tugas yang luar biasa, rekan-rekan. Kita punya mobil yang luar biasa,” balasnya.

Baca Juga:
Rebut Pole, Leclerc Berharap Ferrari Tak Bikin Blunder Di GP Italia

Itu juga kemenangan ke-31 dalam karier Verstappen sehingga melampaui catatan juara dunia 1992 asal Inggris Nigel Mansell.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.