18 February 2021 : 08.27

Hasil Liga Eropa: Man Utd Bantai Sociedad, Milan Gagal Menang

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Manchester United unggul 4 gol tanpa balas atas tim tuan rumah Real Sociedad dalam leg pertama babak 32 besar Liga Eropa yang digelar di tempat netral, yakni Juventus Stadium, Turin, Italia, Kamis (18/2) waktu setempat.

Kedua tim sama-sama menampilkan formasi menyerang. Imanol Alguacil memakai formasi 4-3-3, dengan mengandalkan trisula Isak, Oyarzabal, dan mantan MU, Adnan Januzaj. Ketiganya didukung oleh para pemasok umpan ulung seperti David Silva, Illaramendi, dan Mikel Merino di tengah.

Sementara, Ole Gunnar Solskjær memasang Marcus Rashford sendirian di depan dalam formasi 4-2-3-1, dengan dukungan Daniel james, Bruno Fernandes, serta Greenwood di belakangnya.

Pertandingan yang dipimpin wasit asal Swiss, Sandro Schärer, itu langsung melaju dengan tempo tinggi sejak awal sepak mula. Tembakan melengkung Januzaj di menit ke-2 dari pojok kotak penalti tak menemui target. Rashford membalasnya dengan tusukan yang sukses dijegal kiper Alejandro Remiro.

Semenit berselang, Isak menguji refleks Henderson. Nama terakhir menjatuhkan diri untuk menepis bola dari sudut gawang. 

Kartu kuning pertama keluar di menit 18 untuk Aaron Wan-Bissaka. Sementara penguasaan bola masih didominasi Sociedad.

Remiro kembali melakukan penyelamatan penting di menit 16 dan 19. McTominay masuk ke kota penalti, mendapat bola, dan menembak rendah ke sudut gawang. Remiro memblok dengan kakinya.

Ia juga menggagalkan upaya Rashford yang sudah mendapat bola matang dari Fernandes.

United mulai mendominasi permainan di atas menit 20. Gol yang ditunggu datang juga di menit 27 lewat kecerdikan Fernandes. Bola lambung dari Rashford di depan gawang tak langsung ia kejar.

Pemain internasional Portugal itu menunggu Remiro, yang sejak awal tampil gemilang, mencoba meraih bola hingga bertabrakan dengan dua pemain belakang Sociedad. Tak menyia-nyiakan kesempatan, Fernandes mendorong bole ke dalam gawang. 0-1 untuk Setan Merah.

Sociedad yang berupaya mencari gol balasan, serta United yang memburu gol tambahan, belum menemui hasil hingga babak pertama rampung.

Pada babak kedua, kendali permainan berimbang meski gol hadir hanya untuk anak asuh Solskjær. Lagi-lagi, aktor utamanya ialah Fernandes.

Menit 57, Rashford menyodorkan bola berbahaya ke tengah ke Fernandes. Nama terakhir membiarkan bola berlalu menuju Daniel James. Pemain Wales itu dengan satu sentuhan mengembalikan bola ke jalur lari Fernandes.

Ia kembali memperdaya Remiro dengan sentuhan krusial untuk mengirim bola ke pojok gawang dan menjadikan United unggul dua bola.

Oyarzabal bernafsu mengejar ketinggalan. Wan-Bissaka memblok tendangannya. Percobaan Sociedad lainnya pun belum membuahkan hasil.

Malah, United semakin menjauh di menit 65. Rashford menerima bola cantik dari Fred. Dengan tenang, pemain nomor 10 itu menempatkan bola di luar jangkauan Remiro. 3-0 untuk Setan Merah.

Infografis Solksjaer dalam angka di Manchester UnitedInfografis Solksjaer dalam angka di Manchester United. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)

Daniel James nyaris menambah keunggulan di menit 80 jika saja Remiro tak menggagalkan tembakannya.

Meski begitu, pemain muda Wales itu akhirnya bisa mencetak gol pada menit 90, dan menegaskan keunggulan United 4-0 atas Sociedad.  

Susunan Pemain

Sociedad: Remiro, Zaldua, Le Normand, Zubeldia, Monreal, David Silva, Illaramendi, Merino, januzaj, Isak, Oyarzabal

United: Henderson, Alex Telles, Maguire, Bailly, Wan-Bissaka, Fred, McTominay, James, Fernandes, Greenwood, Rashford

Gagal Menang di Serbia

Sementara itu, dalam laga yang dihelat di Stadion Rajko Mitic, Belgrade, Serbia, Romagnoli dkk. bermain imbang dengan tuan rumah Crvena Zvezda 2-2.

Tampil dengan line-up tanpa legenda hidup Swedia, Zlatan Ibrahimovic, Milan tetap tampil menyerang. Menit 11, Theo Hernandez menceploskan bola ke dalam gawang usai menerima bola pantulan dari Manzukic. 

Sempat dicek oleh VAR, wasit tak mengesahkannya lantaran Hernandez lebih dulu handball.

Menit 39, Bennacer mengalami cedera otot. Gelandang muda Italia yang kerap disamakan dengan Andrea Pirlo, Sandro Tonali, masuk menggantikannya.

Milan kemudian unggul lebih dulu lewat gol bunuh diri Radovan Pankov di menit 42. Mulanya, Rebic mengirim umpan kepada Castillejo yang meringsek ke kotak penalti.

Pemain sayap asal Spanyol itu lantas mengirimkan umpan silang rendah yang berbahaya. Mencegah bola menemui Hernandez, Pankov menjulurkan kakinya. Malang, bola malah berbelok ke arah kiper dan masuk ke gawang.

Donnarumma beraksi. Pada menit 48, Ben Nabouhane beraksi dengan melewati dua bek Milan. Tembakan kaki kanan ia lepaskan ke arah tiang dekat. Kiper Timnas Italia itu menjatuhkan diri dan menjadikannya sepak pojok untuk Zvezda.

AC Milan goalkeeper Gianluigi Donnarumma celebrates after winning the Europa League playoff soccer match between Rio Ave FC and AC Milan in Vila do Conde, Portugal, Thursday, Oct. 1, 2020. Milan won a penalty shootout 9-8 after the match ended tied 2-2. (AP Photo/Luis Vieira)Kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma gagal mencegah milan kebobolan di menit akhir. (AP Photo/Luis Vieira)

Empat menit kemudian, tuan rumah menyamakan kedudukan lewat titik penalti usai handball Alessio Romagnoli. Kanga, yang jadi algojo, tanpa cela menempatkan bola ke sudut jauh tanpa bisa dihentikan oleh tangan kanan Donnarumma. 1-1.

Milan kembali unggul 2-1 usai mendapat penalti di menit 59. Hernandez yang berlari mengejar umpan Tonali diganjal oleh Pankov. VAR mengeceknya.

Wasit memberi hadiah penalti yang dieksekusi langsung oleh bek Prancis bernaluri serang tinggi itu. Dengan tenang, Hernandez mengirim bola ke kanan, sementara Borjan melompat ke arah berlawanan. 

Menit 77, Milan menikmati keunggulan jumlah pemain usai Rodic diganjar kartu merah. Milan tampak semakin percaya diri mengendalikan permainan.

Milan tampak akan menang. Namun, anak asuhan Dejan Stanković, yang merupakan eks bintang Inter Milan, memberi kejutan di menit akhir. Pemain pengganti Milan Pavkov menyambut tendangan sudut Kanga dengan lompatan tinggi di tiang dekat melewati Donnarumma di menit 90.

Bola melambung ke sudut jauh gawang tanpa bisa dicegah pemain Milan. Tim tuan rumah melakukan selebrasi liar. Hingga peluit akhir, kedua tim berbagi skor 2-2. Milan gagal menang.

Susunan pemain

Crvena Zvezda: Borjan, Milunovic, pankov, Deganek, Gobeljic, Kanga, Petrovic, Rodic, Ben Nabouhane, Ivanic, Falcinelli

Milan: Donnarumma, Theo Hernandez, Tomori, Romagnoli, Kalulu, Meite, Bennacer, Krunic, Rebic, Mandzukic, Castillejo

Pada pertandingan babak 32 besar lainnya, Tottenham Hotspur unggul 4-1 atas Wolfsberg lewat gol Son Heung-min, Gareth Bale, Moura, dan Vinicius.

Selain itu, AS Roma unggul 2-0 atas tuan rumah Braga, Leicester City ditahan imbang Slavia Praha, Bayer Leverkusen yang dikalahkan Young Boys 3-4, serta Olympiacos yang menaklukkan PSV 4-2.

(arh)

[Gambas:Video CNN]

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition