5 March 2021 : 09.29

Hongaria Tuan Rumah MotoGP Mulai 2023

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

Budapest

Hongaria akhirnya mendapat kepastian untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Mundur setahun dari perkiraan awal, Hongaria menghelat balapan mulai 2023.

Hongaria sudah lebih dari 30 tahun absen menggelar balapan motor MotoGP. Dalam sejarahnya, Hongaria pernah menggelar kejuaraan dunia balap motor pada 1990 dan 1992 di Sirkuit Hongaroring. Sirkuit itu sendiri sampai sekarang masih dipakai untuk balapan Formula 1 (F1) sejak 1986.

Nah, sejatinya rencana untuk menghelat balapan MotoGP di Hongaria adalah pada 2022 atau berjarak setahun dari saat ini. Sayangnya pandemi virus corona membuat rencana itu tertunda.

Sebab, Hongaria berencana membangun sirkuit baru di Debrecen, kota terbesar kedua di Hongaria setelah Budapest. Maka dari itu Dorna Sport selaku operator MotoGP akhirnya bertemu langsung dengan pemerintah Hongaria dan juga promotor di sana.

Setelah pertemuan di Budapest, Kamis (4/3/2021), dicapai kesepakatan balapan MotoGP di Hongaria akan dimulai sedari 2023 atau mundur semusim dari rencana awal.

Pembangunan sirkuit akan dimulai pada kuartal kedua tahun ini dan diharapkan MotoGP Hongaria akan menyemarakkan lagi olahraga balap motor di Eropa Tengah.

“Akhirnya ini terjadi juga, kami sangat senang karena antusiasme olahraga di Hongaria begitu tinggi, Gabor (Talmasci) pernah jadi juara dunia dan dengan proyek ini diharapkan akan makin banyak orang Hongaria bisa hadir di MotoGP. Harapan kami sirkuit ini mendapatkan yang terbaik – penonton, dampak ekonomi, siaran ke seluruh dunia – dan juga banyak pebalap MotoGP di masa depan dari Hongaria,” ujar CEO Dorna, Carmen Ezpelata, di situs resmi MotoGP.

“Saya rasa sirkuit ini akan jadi salah satu terbaik di dunia,” sambungnya.

Simak video ‘Siap-siap! Akhir Pekan Ini ‘Pemanasan’ MotoGP 2021 Dimulai’:

[Gambas:Video 20detik]

(mrp/pur)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition