Idemitsu Asia Talent Cup: Veda Ega Hadapi Tantangan Aspal Baru Sirkuit Mandalika & Cuaca Terik

  • Whatsapp

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, LOMBOK – Pebalap muda Veda Ega Pratama yang turun di balapan kelas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 hari ini menjalani sesi latihan bebas seri kedua di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Jumat (18/3/2022).

Satu-satunya pebalap wildcard binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini menghadapi sejumlah tantangan yang berbeda dari yang dia temui saat membalap tahun lalu.

Tantangan kali ini adalah kondisi trek Sirkuit Mandalika yang baru saja diaspal dan membuatnya membutuhkan banyak penyesuaian.

Tantangan lainnya adalah kondisi cuaca yang cukup terik di lintasan.

Aksi pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama dalam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3/2022).
Aksi pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Veda Ega Pratama dalam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3/2022). (Ist)

Baca juga: BREAKING NEWS: Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi, Priandhi Satria Nyatakan MotoGP Siap Digelar

Baca juga: Kelakuan Unik Para Pebalap di MotoGP Mandalika: Rins Peluk Kipas, Quartararo Gebuk Tangki Motor

Sebagai perbandingan, saat membalap tahun lalu dia menghadapi trek Sirkuit Mandalika yang lebih lembab karena ssmpat diwarnai hujan saat mendapatkan wild card di IATC musim lalu.

Semuanya itu menjadi tantangan yang ditemuinya saat menjalani sesi latihan bebas hari ini.

”Hasil yang saya raih masih bisa saya tingkatkan lagi esok. Semoga besok bisa tampil dengan kemampuan terbaik dan juga menjadi juara di Mandalika,” ujarnya.

Pada sesi atihan bebas pertama pukul 11.50 WITA Veda Ega Pratama masuk ke jajaran lima pebalap dengan catatan waktu tercepat.

Veda mencatatkan waktu 1 menit 48,448 detik dan menjadi pebalap tercepat kelima.

Sementara itu, pebalap Aan Riswanto yang belum tampil maksimal saat latihan bebas kedua mengatakan, perlahan dirinya mulai menemukan ritme yang baik dalam melahap seluruh tikungan di sirkuit Mandalika. Harapan tinggi pun ada di pundaknya untuk tampil baik esok hari.

Proses adaptasi yang dirasakan Muhammad Diandra Mahardika dan Zachry Akbar di Sirkuit Mandalika hari ini belum berjalan sempurna. Dia berharap besok mampu memperbaiki catatan waktu untuk kualifikasi dan merasih hasil maksimal.

”Di sesi latihan bebas ini saya berusaha untuk bisa segera beradaptasi. Memang tidak mudah dan belum bisa meraih hasil yang saya harapkan. Saya masih akan terus belajar dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mendapatkan pengetahuan baru,” ujar Zachry.

Sesi kualifikasi Sabtu esok akan mulai digeber mulai pukul 08:15 WITA. Sedangkan race pertama akan dimulai pada pukul 16:25 WITA.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.