Ini Dia Masalah Terbesar Yamaha di Mata Valentino Rossi

02:48:45

Valencia

Para pebalap Yamaha gagal total dalam balapan MotoGP Eropa 2020. Valentino Rossi mengungkapkan masalah terbesar yang membelit tim Garpu Tala. Apa itu?

MotoGP Eropa yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2020), menjadi mimpi buruk buat rider-rider Yamaha. Baik pebalap tim Monster Energy Yamaha mau pun Petronas Yamaha menyelesaikan race di luar 10 besar.

Dari tim pabrikan, Maverick Vinales hanya mampu menempati urutan ke-13, sementara Rossi gagal finis akibat permasalahan di motornya. Di tim satelit, Fabio Quartararo berada di posisi ke-14, sedangkan Franco Morbidelli di peringkat ke-11.

Hasil tersebut jelas merupakan penurunan drastis buat Yamaha ketimbang balapan sebelumnya di MotoGP Teruel. Kala itu, Morbidelli berhasil memenangi balapan dan merebut podium pertama.

Naik turunnya performa tim Yamaha rupanya menjadi perhatian Valentino Rossi. Di mata The Doctor, ada satu masalah besar yang masih belum dapat ditangani Yamaha, yakni perihal mesin motor YZR-M1.

Rossi menilai mesin motor Yamaha sangat lambat ketika menghadapi lintasan lurus. Juara dunia sembilan kali itu bahkan menyebut mesin yang dipasang di motor YZR-M1 kalah bersaing dengan tim pabrikan lainnya.

“Memang benar seperti yang sering terjadi, kami cepat di awal musim dan setelah itu sepertinya pabrikan lain membawa banyak hal baru. Mereka membutuhkan beberapa balapan buat perbaikan dan di akhir kejuaraan mereka sangat kuat,” kata Rossi, dilansir dari Crash.

“Tahun ini juga tergantung kepada balapan demi balapan. Pekan lalu Franco menang, tapi di sini di Valencia semua sangat sulit buat Yamaha,” dia menambahkan.

“Saya selalu mengatakan kepada mereka kalau mesin adalah masalah terbesar kami, karena kami selalu paling lambat di lintasan lurus. Di saat yang bersamaan kami memiliki masalah keandalan,”.

“Kami memiliki banyak masalah menyelesaikan musim dengan lima mesin, sehingga kami tak mempunyai kinerja, dan kami juga tidak memiliki keandalan yang cukup. Karakter mesin yang dulu menjadi poin kuat bagi Yamaha, sekarang sepertinya mesin-mesin lain jauh lebih mulus dalam akselerasi ketimbang kami,”.

“Oleh karena itu, jika anda menggabungkan semua masalah ini bersama-sama, maka di sanalah tempat yang perlu kami tingkatkan,” demikian kata Valentino Rossi perihal masalah terbesar Yamaha di MotoGP 2020.

(bay/cas)