Ini Konten Terpopuler di Facebook dan Instagram Selama MotoGP Mandalika 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ajang MotoGP Mandalika 2022 yang dihelat 18-20 Maret menjadi sejarah bagi Tanah Air karena Indonesia kembali menjadi tuan rumah setelah 25 tahun terakhir. Sebelumnya, Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah gelaran MotoGP pada tahun 1996 dan 1997 di sirkuit Sentul, Bogor.

Dalam kejuaraan balap motor ini, pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira menjadi pemenang dan menerima trofi kemenangan langsung dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Euforia masyarakat sendiri dalam menyambut ajang MotoGP Mandalika, terasa tidak hanya di lapangan, namun juga di media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

Selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung, data dari Crowd Tangle yang dihimpun oleh Meta (dulu Facebook) menunjukkan tren dan interaksi yang diciptakan oleh komunitas olahraga dan pecinta MotoGP.

Baca juga: Instagram dan Facebook Diblokir tapi WhatsApp Tidak, Rusia Tidak Berani?

“Facebook dan Instagram hadir untuk membantu komunitas olahraga saling terhubung, berbagi inspirasi, dan berinteraksi,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia dalam pernyataan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (23/3/2022).

Tagar terkait MotoGP Mandalika 2022 bahkan menduduki peringkat tiga teratas di Facebook secara global. Tagar tersebut yaitu #MotoGP; #Mandalika; dan #IndonesianGP. Adapun jumlah postingan di Facebook terkait MotoGP Mandalika 2022, mencapai 36.654 postingan dengan lebih dari 8 juta interaksi.

Secara khusus di Indonesia, lebih dari 1,6 juta orang menjadi bagian dari sekitar 700 komunitas yang menyukai MotoGP di Facebook.

Kecelakaan Marquez paling populer

Menurut data Crowd Tangle, dukungan untuk ajang MotoGP mencapai total 35.509.628 interaksi di Instagram pada periode 18 – 20 Maret 2022.

Baca juga: Pebalap MotoGP dan Sirkuit Mandalika dalam Bidikan Kamera Galaxy S22 Ultra

Salah satu postingan yang paling populer di Instagram terkait MotoGP Mandalika 2022 yaitu video dari akun resmi @motogp yang menampilkan detik-detik pembalap dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan (highside) di tikungan 7 pada sesi pemanasan, beberapa jam sebelum pertandingan dimulai.

Meriahnya penyelenggaraan kejuaraan internasional MotoGP Mandalika 2022 juga membuat para pembalap meraih perhatian dan popularitas di media sosial.

Marc Marquez (@marcmarquez93), Fabio Quartararo (@fabioquartararo20), dan Miguel Oliveira (@88migueloliveira) menjadi tiga pembalap MotoGP dengan interaksi tertinggi di Instagram.

Tak hanya para pembalap, tim balap yang bekerja di balik layar pun turut menjadi sorotan dan perbincangan.

Monster Energy Yamaha MotoGP (@yamahamotogp), yang menaungi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, Repsol Honda Team (@hrc_motogp), dan Pramac Racing (@pramacracing), dengan pembalap unggulan mereka Johann Zarco dan Jorge Martin, menjadi akun tim balap MotoGP dengan interaksi tertinggi di Instagram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts