Intip Kualitas Aspal Baru Sirkuit Mandalika untuk Ajang MotoGP 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika atau yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah rampung sepenuhnya.

Pengaspalan yang dikerjakan oleh PT PP tersebut memang dilakukan untuk menyongsong gelaran MotoGP 2022 di Mandalika alias Pertamina Grand Prix of Indonesia tahun 2022.

Presiden Komisaris PT PP Andi Gani Nena Wea memastikan pengaspalan ulang di area maintrack Sirkuit Mandalika dengan total panjang 1,6 kilometer telah selesai tepat waktu demi menjaga ketepatan jadwal MotoGP Mandalika.

Baca juga: Soal Perbaikan Aspal Sirkuit Mandalika, Erick Thohir: Kondisi Lintasan Jadi Tambah Baik dan Indah

Pekerjaan resurfacing dilakukan selama 5 hari mulai tanggal 5-9 Maret 2022. Penyelesaian tersebut bahkan lebih cepat dari yang ditargetkan yaitu pada 10 Maret 2022.

“Seluruh proses berlangsung lancar dan kami dapat menyelesaikannya lebih awal dari waktu yang dijanjikan,” katanya di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

Andi Gani menegaskan, kualitas aspal Sirkuit Mandalika merupakan yang terbaik. Pihaknya memastikan hal ini untuk merespons keluhan pembalap saat tes pramusim.

“Secara garis besar kualitas perbaikan aspal sudah sangat maksimal dan siap digunakan untuk gelaran MotoGP pada 18- 20 Maret 2022 mendatang,” ujarnya.

Andi Gani menuturkan, pengaspalan ulang dilakukan mulai dari tikungan 16,5 hingga 5,5 atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan sirkuit yang sepanjang 4,31 kilometer tersebut.

Ia menjelaskan, dalam proses pengaspalan ulang terdiri atas tiga lapisan. Lapisan pertama, ada Wearing Course.

Lapisan tersebut terdiri dari Stone Masthic Aspalt yang merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan aspal. Lapisan aspal ini diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar tetap kuat.

Baca juga: Ini Strategi PLN Amankan Pasokan Listrik Saat Gelaran MotoGP Mandalika

Related posts