Istana Pastikan Jokowi Tak Ikut Konvoi dengan Pebalap MotoGP

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan Presiden Joko Widodo tidak akan mengikuti konvoi dengan pebalap MotoGP.

Namun, jika para pebalap akan menjalani konvoi, Istana tidak melarang.

“Tidak ada konvoi yang dihadiri presiden. Kalau pebalap konvoi menuju titik lain silakan,” ujar Heru saat dikonfirmasi pada Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Besok Ada Penutupan Jalan di Jakarta Saat Parade Pebalap MotoGP

Sebelumnya, Presiden Jokowi dikabarkan bakal menyambut beberapa pebalap MotoGP di Jakarta sebelum kompetisi.

Bahkan dikabarkan akan bersama-sama akan melakukan konvoi atau parade pada 16 Maret 2022.

Guna menyiapkan hal tersebut, Polda Metro Jaya menyatakan bakal melakukan pengamanan maksimal selama acara berlangsung.

Baca juga: Penting, Peta dan Tata Letak Sirkuit Mandalika di Panduan Moto GP Mandalika 2022

Termasuk menyiapkan pengalihan arus lalu lintas ketika parade dilakukan sebagai bagian dari promosi Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, ada 20 pebalap MotoGP yang akan melakukan konvoi menggunakan motor berkeliling bersama Jokowi.

“Kami baru dengan pernyataan dari Pak Sandiaga Uno, tanggal 16 Maret 2022, 20 riders bersama Bapak Presiden akan mempromosikan dengan riding bersama di Jakarta sebelum memulai perlombaan di Mandalika,” ucap Zulpan disitat dari Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Penting, Peta dan Tata Letak Sirkuit Mandalika di Panduan Moto GP Mandalika 2022

“Kepolisian akan mengamankan secara maksimal. Tentunya kami dalam rangkan pengamanan punya prosedur tetap (protap), kehadiran presiden dan protap, tentunya kami akan kerja sama dengan unsur TNI dan Paspampres,” katanya.

Zulpan menjelaskan, saat kegiatan berlangsung tak menutup kemungkinan ada diskresi berupa pengalihan arus lalu lintas pada sejumlah kawasan. Harapannya, parade pebalap MotoGP dengan Jokowi bisa berjalan aman dan lancar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts