Jadi Tuan Rumah, Jokowi Siap Sambut Pebalap MotoGP di Jakarta

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal menyambut beberapa pebalap MotoGP yang datang ke Jakarta sebelum berlaga di lintasan Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Hal itu disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat melakukan konferensi pers persiapan Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2022, Minggu (6/3/2022).

“Nanti pada 16 Maret Bapak Presiden akan menerima juga rombongan pebalap MotoGP yang berkenan hadir ke Jakarta yang namanya sangat besar dan tentu punya fans¬†banyak di Indonesia,” ucap Erick.

Baca juga: MGPA Menyetujui Arahan Jokowi untuk Turunkan Kapasitas Penonton MotoGP

Beberapa nama pebalap MotoGP yang dimaksud bakal hadir ke Jakarta yakni Maverick Vinales, Marc Marquez alias Baby Alien, Joan Mir, Andrea Dovizioso, serta Francesco Bagnaia.

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez melaju di depan paddock saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez melaju di depan paddock saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Namun, selain itu, Erick mengatakan, masih ada 12 pebalap lainnya yang juga akan ikut datang bertemu Jokowi di Jakarta, sebelum akhirnya berangkat untuk bertanding di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

“Ada 12 lagi nanti, dan mudah-mudahan ini menjadi hal yang bagus dalam membangun persepsi Indonesia pada dunia bahwa kita terus menggalakkan event-event dunia,” kata Erick.

Ketika ditanya soal kepastian kedatangan para pebalap, Erick mengatakan, pihaknya masih melakukan konsultasi dengan Istana, termasuk soal akan ada agenda apa saja.

Namun, dia memastikan bahwa kehadiran pebalap dan penyelenggaran MotoGP di Indonesia merupakan momen yang sangat luar biasa. Apalagi ini baru tahun pertama karena masih ada sembilan kejuaraan MotoGP lagi di Mandalika.

Baca juga: Apa Saja Fasilitas Lima Jenis Tiket MotoGP Indonesia di Mandalika

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

“Apakah nanti akan diterima di Istana, ada parade, tentu keputusannya ada di Bapak Presiden dan dari Istana. Kami hanya mendorong bahwa ini kesempatan yang luar biasa buat Indonesia bisa mempromosikan event yang sangat besar, dan paling penting ini baru tahun pertama, masih ada sembilan tahun lagi,” ucap Erick.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts