Jadwal MotoGP Mandalika: Akhir Penantian 25 Tahun, Hitungan Hari Jelang Aksi Marquez dkk

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Rangkaian MotoGP Mandalika 2022 yang memiliki nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia akan segera berlangsung pada akhir pekan ini, tepatnya 18-20 Maret.

Ini sekaligus menjadi penanda akhir penantian 25 tahun Indonesia untuk kembali menggelar ajang balap motor Grand Prix.

Sebelumnya, Indonesia kali terakhir menjadi tuan rumah balap Grand Prix pada 1997.

Kala itu, balapan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, dengan nama resmi Marlboro Indonesia Grand Prix.

Kini, setelah penantian 25 tahun, balapan Grand Prix kembali digelar di Tanah Air dengan mengambil venue baru, yakni Sirkuit Mandalika atau yang bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Baca juga: Dirut MGPA soal Persiapan MotoGP Mandalika: Tak Ada Kekhawatiran Sama Sekali…

Sirkuit Mandalika terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,3 kilometer itu bakal menjadi saksi kembalinya ajang balap Grand Prix di Indonesia.

Dalam hitungan hari, sederet pebalap kenamaan seperti Marc Marquez, Fabio Quartararo, dan Francesco Bagnaia, akan beraksi di sirkuit kebanggaan Tanah Air tersebut.

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju garasi tim pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju garasi tim pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

Sebelum itu, sejumlah pebalap di kelas utama MotoGP akan lebih dulu mengikuti parade berupa riding atau berkeliling mengendarai motor bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Parade tersebut rencananya akan berlangsung di Jakarta pada Rabu (16/3/2022) atau dua hari sebelum dimulainya rangkaian MotoGP Mandalika.

Baca juga: Daftar 20 Pebalap yang Akan Parade dengan Jokowi Jelang MotoGP Indonesia

Selain sejumlah pebalap dari kelas MotoGP, rider muda kebanggaan Indonesia, yakni Mario Suryo Aji dan Veda Ega Pratama, juga akan berpartisipasi dalam parade.

Related posts