Jangan Bingung, Baca Kamus MotoGP dan Istilah yang Sering Digunakan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk pertama kalinya sejak 25 tahun lalu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah dari ajang balap motor paling bergengsi di dunia. Tak sedikit yang ingin menonton Pertamina Grand Prix of Indonesia, bahkan yang bukan pecinta balap sekalipun.

Pada setiap olahraga, pasti memiliki beberapa istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi dan kondisi tertentu. Tak terkecuali dengan olahraga balap, seperti MotoGP.

Baca juga: Jangan Sembarangan Merekam Video Selama Menonton MotoGP Mandalika

Saat menonton balap MotoGP, sering kali terdengar komentator mengeluarkan kata-kata, seperti overtake, crash, paddock, high side, dan lainnya.

Fabio Di Giannantonio saat sesi tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street CircuitDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat sesi tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street Circuit

Istilah-istilah tersebut digunakan untuk memudahkan saat pengucapan atau penulisan yang berkaitan dengan MotoGP.

Masih ada banyak istilah lainnya yang digunakan. Beberapa kata juga menjadi istilah umum atau digunakan juga pada ajang balap lainnya.

Baca juga: Catat Regulasi Penonton MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika

Berikut ini istilah-istilah yang banyak digunakan di MotoGP:

Sepeda motor pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Darryn Binder melayang di udara saat kecelakaan 
tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Sepeda motor pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Darryn Binder melayang di udara saat kecelakaan
tes pramusim MotoGP 2022 hari kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Apex : Istilah untuk titik terujung dari sebuah tikungan, di mana pebalap biasanya sudah bersiap untuk kembali menarik tuas gas untuk berakselerasi secepat mungkin keluar dari tikungan.
Braking Marker/Braking Point : Titik pengereman, di mana pebalap biasanya mulai mengerem sebelum memasuki tikungan. Biasanya, pebalap menggunakan pohon, papan iklan, atau benda mencolok lainnya di sisi sirkuit untuk dijadikan patokan. Tiap pebalap biasanya memiliki acuan titik pengereman sendiri.
Chicane : Bagian trek di mana terdapat dua atau lebih tikungan langsung dalam jarak dekat, misalnya, dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Kalau dilihat dari helicopter cam atau dari atas, tikungan ini akan berbentuk seperti huruf “S”.
Compounds : Kompon. Biasanya ditujukan untuk tipe ban atau bahan penyusun ban.

Baca juga: Siap-siap, April 2022 Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol

Kru tim Monster Energy Yamaha memberikan informasi kepada pembalapnya Franco Morbidelli melalui pit board pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Kru tim Monster Energy Yamaha memberikan informasi kepada pembalapnya Franco Morbidelli melalui pit board pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022).

Curbstones : Biasa juga disebut dengan Kerb, yakni batu bergerigi yang biasanya berada di tepi lintasan dan dicat dua atau tiga warna. Normalnya dua warna, yakni warna merah dan putih. Kerb berguna untuk membantu memandu pebalap. Fungsi lainnya adalah untuk membantu pebalap menghidupkan kembali motornya. Saat terjatuh tetapi motor masih layak untuk melanjutkan balapan, maka curbstones juga dapat digunakan untuk membantu pebalap melakukan jump start, karena permukaannya yang bergerigi lebih mencengkram ban belakang dan memudahkan mesin menyala.
Displacement : Biasanya mengacu untuk kapasitas silinder mesin motor, seperti 250 cc, 600 cc, atau 1.000 cc.
Dry Race : Balapan dalam kondisi aspal kering.
Dorna : Promotor atau penyelenggara MotoGP. Perusahaan yang mengatur segala jenis administrasi dan organisasi. Segala bentuk penyiaran, periklanan, organisasi masing-masing balapan, promosi, produksi, keamanan, semua menjadi tanggung jawab mereka.

Baca juga: Mobil Pemadam Kebakaran Masuk Jalan Tol, Bayar atau Tidak?

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.ANDIKA WAHYU Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju lintasan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pras.

Endo : Trik yang disengaja atau tidak dengan menekan tuas rem depan secara kuat sehingga bagian motor bagian belakang terangkat. Biasa juga disebut dengan istilah stoppie, kebalikan dari wheelie.
Esses : Kata lain yang ditujukan untuk Chicane. Mengacu pada tikungan berbentuk huruf S.
FIM : Federation International De Motorcyclism. Badan organisasi yang memimpin segala jenis bentuk olahraga motor di muka bumi.
Front End : Bagian depan dari motor.

Baca juga: Akselerasi Era Mobil Listrik, Mitsubishi Jalankan Pilot Project untuk Minicab MiEV

Fabio Di Giannantonio saat sesi tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street CircuitDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat sesi tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street Circuit

Gas : Throttle atau akselerator.
Grid : Garis di mana pebalap bersiap untuk memulai balapan. Terdapat tepat sebelum garis start/finis. Dalam satu baris biasanya terdapat 3 grid.
Hairpin : Tikungan diabolikal/putar balik yang sangat tajam. Biasanya pebalap harus ekstra pelan dan biasanya tikungan berbentuk huruf “U” atau bahkan “V”.
High Side : Keadaan di mana pebalap terjatuh yang diakibatkan ban belakang yang terlalu spin/sliding, sehingga kehilangan grip. Tapi, kemudian ban kembali mendapat grip tiba-tiba, sehingga mengakibatkan motor kehilangan kendali dan melempar pebalap ke udara.

Baca juga: Promo Suzuki Ertiga di JAW 2022, Diskon sampai Rp 20 Juta

Related posts