20 January 2021 : 05.42

Jelang MotoGP 2021, Rossi Singgung Masalah Klasik Yamaha, Sarankan Ikuti Jejak Suzuki

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

TRIBUNNEWS.COM – Pembalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi, mengungkapkan titik lemah lainnya yang dimiliki mesin Yamaha.

Menurut rider yang berjuluk The Doctor itu, kelemahan Yamaha bukan hanya soal katup mesin yang membuat pabrikan asal Jepang itu mendapat hukuman pengurangan poin pada musim lalu.

Rossi mengungkap kelemahan Yamaha lainnya adalah soal performa mesin yang membuat motor tidak dapat melaju dengan cepat di trek lurus dan keterbatasan mesin.

“Saya selalu mengatakan mesin adalah masalah besar bagi kami karena kami selalu paling lambat di trek lurus,” ujar Rossi dikutip Speedweek, Selasa (6/1/2021).

Baca juga: Jadwal MotoGP 2021, 7 Hal yang Dinanti Kejuaran Dunia Musim Ini: Comeback Marquez, Babak Baru Rossi

Baca juga: Jadwal MotoGP 2021 Live Trans7, Joan Mir Sudah Tak Sabar Ingin Kalahkan Marc Marquez

“Pada saat yang sama, kami juga memiliki masalah dengan keandalan dan kesulitan besar melewati musim dengan lima mesin. Kami kekurangan performa dan jarak tempuh,” katanya.

“Selain itu, karakter mesin sudah lama menjadi kekuatan Yamaha. Namun, sekarang yang lain juga memiliki mesin yang mulus dalam hal akselerasi,” katanya melihat performa pabrikan lain.

Pada tahun 2021 ini, Yamaha telah memutuskan untuk membekukan pengembangan mesin karena harus menghemat biaya akibat terdampak pandemi Covid-19.

Meski demikian, Rossi melihat fakta tersebut tak seharusnya membuat Yamaha berdiam saja diri saja dan terpaku dengan performa mesin yang belum cukup baik.

Juara dunia tujuh kali itu pun menyayangkan mantan timnya itu yang tak cepat melakukan perubahan dengan cara lain sehingga menuai kegagalan musim lalu.

Pembalap Italia Monster Energy, Valentino Rossi, meninggalkan pit selama sesi latihan bebas ketiga jelang Grand Prix MotoGP San Marino di Sirkuit Dunia Misano Marco Simoncelli pada 12 September 2020
Pembalap Italia Monster Energy, Valentino Rossi, meninggalkan pit selama sesi latihan bebas ketiga jelang Grand Prix MotoGP San Marino di Sirkuit Dunia Misano Marco Simoncelli pada 12 September 2020 (AFP)

“Pengembangan mesin dibekukan. Akan tetapi, di MotoGP itu bukan alasan,” tutur Rossi menambahkan.

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition