Jelang MotoGP, FIM Akan Homologasi Sirkuit Mandalika

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan digunakan untuk balap MotoGP pada 18-20 Maret 2022. Namun sebelum itu, akan dilakukan proses Homologasi terlebih dahulu.

Hal ini lantaran, sebelumnya sirkuit Mandalika dilakukan pengaspalan ulang dan telah selesai pada 9 Maret 2022.

Proses homologasi lintasan itu akan dilakukan oleh Federation International Motorcycle (FIM) atau organisasi internasional sepeda motor.

Baca juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Telah Selesai

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmojo mengatakan, Senin (14/3/2022), FIM akan melakukan homologasi atau penilaian kesiapan lintasan Sirkuit Mandalika.

“Hari Senin memang akan ada homologasi oleh FIM, akan datang untuk memastikan trek ini bisa digunakan untuk tanggal 20 Maret,” ucap Kartika dikutip dari Regional Kompas.com, Kamis (10/3/2022).

Suasana pengaspalan ulang hari ke dua di Sirkuit Mandalika Senin (7/3/2022)KOMPAS.COM/IDHAM KHALID Suasana pengaspalan ulang hari ke dua di Sirkuit Mandalika Senin (7/3/2022)

Kartika mengatakan, pihaknya optimis bahwa lintasan akan lolos homologasi. Hal itu karena perbaikan lintasan sudah sesuai dengan standar para konsultan yang kompeten.

“Saya rasa dari sisi kekuatan dan dari sisi greet aspalnya sudah sesuai,” kata dia.

Sebelumnya, diketahui Sirkuit Mandalika mendapat saran untuk dilakukan perbaikan di sejumlah lintasan, yakni lintasan dari tikungan 16 dan 17 sampai antara tikungan 5 dan 6. Namun, kini pengaspalan ulang itu dipastikan sudah selesai.

Baca juga: Perusahaan Oli Percaya Pelumas Masih Eksis di Era Elektrifikasi

Sebagai informasi MotoGP mandalika akan digelar pekan depan, mulai Jumat, 18 Maret 2022, hingga Minggu 20 Maret 2022. Sejauh ini, tiket MotoGP untuk hari ketiga sudah terjual habis. Hanya tersisa tiket untuk hari pertama dan hari kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts