Jelang MotoGP Mandalika, Michelin Siapkan 30 Jenis Ban dengan Total 1200 Unit si Karet Bundar

  • Whatsapp

Suara.com – Usai tes pramusim untuk gelaran seri MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-13 Februari lalu, kini perhatian semakin tertuju pada ajang balap utama yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret mendatang.

Sponsor sekaligus pemasok tunggal ban untuk perhelatan seri MotoGP, Michelin telah memutuskan untuk menyederhanakan pilihan ban pada musim ini dan menyediakan 30 macam spesifikasi untuk digunakan oleh para pembalap selama gelaran MotoGP 2022.

Jumlah ini berkurang lebih dari seperempat jika dibandingkan dengan musim lalu, di mana Michelin menyediakan 41 pilihan ban.

Keputusan untuk merampingkan pilihan ban yang akan digunakan pada kompetisi dilakukan melalui diskusi dengan para pembalap dan tim mereka serta tetap mempertahankan tingkat performa yang sama dengan musim 2021.

Baca Juga:
Gagal Pecundangi Mantan Timnya, Maverick Vinales Kecewa

“Tim teknis Michelin Motorsport bekerjasama dengan para rider untuk memilih ban paling multi fungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik,” kata Michelin Two Wheels Motorsport Manager Piero Taramasso melalui pernyataan tertulis pada Suara.com.

“Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang, jumlah yang diproduksi juga turun sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan.”

Total 1.200 Ban Akan Disediakan untuk Setiap Sirkuit MotoGP 2022

Keputusan ini didukung oleh Dorna Sports selaku penyelenggara gelaran seri MotoGP yang telah bersepakat dengan Michelin untuk mengurangi jumlah alokasi ban bagi rider individu per grand prix dari sebelumnya 30 menjadi 28 buah, atau berkurang dua ban belakang.

Pada setiap ajang balap, para rider akan menerima 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. Mereka hanya diperbolehkan untuk menggunakan maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang (total 22).

Baca Juga:
The Best 5 Oto: Donasi Lamborghini dan Ferrari untuk Warga Ukraina, General Motors Lahirkan Brand Premium Halo Cars

Para rider juga dibebaskan untuk menyusun komposisi alokasi ban depan dengan memilih maksimal lima ban dari tiap spesifikasi Soft, Medium, dan Hard. Untuk ban belakang, para rider dapat memilih maksimal enam ban Soft, empat ban Medium, dan tiga ban Hard.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.