Jelang MotoGP Mandalika, Telkom Uji Coba Kualitas Layanan di Lombok

  • Whatsapp

KOMPAS.com– Jelang MotoGP seri ke-2 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan rehearsal test atau uji coba kualitas layanan dan jaringan infrastruktur di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/3/2022).

MotoGP seri ke-2 di Pertamina Mandalika International Street Circuit sendiri akan berlangsung dari Jumat (18/3/2022)- Minggu (19/3/2022).

Rangkaian uji coba diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga. Lalu dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Business Service Telkom Edi Witjara, dan Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Utilitas Hari Wibisono.

Uji simulasi dilakukan di beberapa titik kritis diantaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi.

Baca juga: Telkom Gandeng Mabes TNI terkait Penyediaan Transponder Satelit

Uji coba juga dilakukan terhadap layanan Telkomsel yang meliputi data, internet hingga Wireless Fidelity (Wi-Fi).

Tak hanya itu, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau lastmile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

Dalam uji rehearsal test tersebut, Direktur Network dan IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan, Telkom telah banyak mencatat lesson learn dari event World Superbike (WSBK) pada 11-13 November 2021.

Dalam WSBK tersebut, Telkom turut andil dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

“Kita telah lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwith layanan, sehingga siap untuk penyelenggaraan MotoGP,” jelas Herlan Wijanarko dalam keterangan tertulis yang diterima oleh Kompas.com, Rabu (16/03/2022).

Baca juga: Wujudkan Kedaulatan Digital, Telkomgroup Siap Dukung IKN Nusantara Menjadi Smart City

Lebih lanjut, Herlan menjelaskan bahwa Telkom menjamin jaringan telekomunikasi melalui konektivitas serta service Information and Communication Technology (ICT) akan memiliki performa yang maksimum.

Related posts