Jelang MotoGP, Polda NTB Siapkan 47 Pos Penjagaan di Sekitar Mandalika

  • Whatsapp

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.comĀ – Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan kesiapan pengaman jelang perhelatan MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika.

Karo Ops Polda NTB, Kombes Pol Imam Thobroni, menyampaikan, penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika menjadi pertaruhan nama baik Indonesia di kancah internasional.

Sebagai langkah persiapan menuju gelaran MotoGP, Imam menegaskan bahwa pihaknya telah melatih anggota, baik secara fisik maupun alat yang akan digunakan dalam pengamanan tersebut.

“Secara umum Polda NTB sudah siap mengamankan terselenggaranya event MotoGP ini. Baik dengan kesiapan anggota dalam menyambut tamu yang akan ke Mandalika, pun dengan pengaturan lalu lintas pada saat hari H nanti,” Ungkap Iamam dalam keterangan tertulis diterima, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Menteri PUPR Tinjau Kesiapan Akhir Infrastruktur Jelang MotoGP Mandalika

Disampaikan Imam, Polda NTB sudah mempersiapkan 47 pos pengamanan di berbagai titik di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Di sini nanti kita akan dirikan 47 pos pengamanan yang siap menjaga,” kata Imam.

Pihaknya mengaku siap mengamankan jalannya balapan, baik dari segi pengamanan skala besar maupun pengamanan skala kecil seperti pemberlakuan pembatasan jam untuk event atau festival dari pihak Event Organizer (EO).

Baca juga: Hujan Menjadi Kekhawatiran Saat Proses Pengaspalan Ulang di Sirkuit Mandalika

Sementara itu, pihaknya meminta pihakĀ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mensosialisasikan aturan penyekatan dan pembatasan terhadap warga di sekitar Mandalika. Hal ini untuk menghindari terjadinya salah paham antara petugas dan warga.

“Warga di sekitar KEK Mandalika perlu disosialisasikan oleh pihak ITDC, karena kita akan ada penyekatan agar warga tidak protes sewaktu berjalannya kegiatan Event MotoGP 2022,” kata Imam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts