Jokowi Lemas Tak Diperbolehkan Ikut Konvoi bareng Pebalap MotoGP

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara terkait alasannya tak mengikuti riding bersama dengan pebalap MotoGP di Jakarta.

Menurut Jokowi, dirinya tidak mengikuti konvoi dalam rangka parade promosi Pertamina Grand Prix of Indonesia karena tidak diperbolehkan demi alasan keamanan.

“Saya tidak naik motor karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan, jadi tadi saya lemas itu,” ujar Jokowi usai melepas parade para pebalap di Istana Merdeka, Selasa (16/3/2022).

Baca juga: Dijamu di Istana, Begini Kesan Para Pebalap MotoGP Bertemu Jokowi

Ketika ditanya apakah bakal hadir untuk melihat langsung laga MotoGP Mandalika, Jokowi mengatakan dirinya akan datang.

Namun demikian, dia belum mengetahui kapan akan tiba di Mandalika untuk menyaksikan putaran kedua MotoGP di musim 2022.

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai melepas parade pebalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.SIGID KURNIAWAN Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan usai melepas parade pebalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

“Saya akan lihat, tapi cuma satu hari saja. Jumat, Sabtu, Minggu, saya hanya sehari, nggak tahu (harinya apa),” kata Jokowi.

Meski tak diizinkan mengikuti konvoi, nampak Jokowi memang sudah iap menggunakan riding gear dengan jaket berwarna merah. Bahkan sempat membawa helm ketika melakukan sesi foto. 

Tak hanya itu, motor custom Kawasaki W175 garapan Katros Garage dengan tema bobber yang kerap digunakannya juga sudah siap ditunggangi yang terparkir di depan Istana Merdeka.

Baca juga: Jokowi Pamerkan Motornya ke Marc Marquez


Alhasil, Jokowi hanya melakukan ramah tamah dengan 16 pebalap MotoGP, dua pebalap Moto2, satu pebalap Moto3, dan satu lagi pebalap muda Idemitsu Asia Telent Cup (IATC).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga sempat menyampaikan bila dirinya suka untuk mengendarai motor, namun berbeda kepentingan karena tidak untuk berkompetisi di lintasan.

“Sama seperti Anda semua, saya juga suka mengendarai motor. Walaupun motor saya tidak sekeren milik kalian, tapi memiliki sejarah tersendiri,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya.

Baca juga: Jokowi Yakinkan Para Pebalap, Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2022

“Saya sering mengendarai motor ini untuk mengunjungi daerah, bertemu masyarakat, mendengarkan aspirasi masyarakat, melihat permasalahan di lapangan, meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur, hingga mencoba sirkuit di Mandalika,” lanjutnya.

Parade pebalap MotoGP 2022 di JakartaBiro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Parade pebalap MotoGP 2022 di Jakarta

Usai berbincang dan sebelum para pebalap dilepas untuk melakukan parade dari Istana Merdeka hingga Bundaran Hotel Indonesia, Jokowi juga sempat melakukan foto bersama lengkap dengan motor custom-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts