Kala Bos MotoGP Terpukau dengan Keindahan Mandalika Saat Memantau dari Helikopter

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Proses lobi pihak ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) untuk mendatangkan balapan Grand Prix kembali ke Indonesia diwarnai oleh sebuah pendekatan nekat dan dikunci oleh sebuah penerbangan helikopter di kawasan Mandalika.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, selaku pemilik kawasan Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Yang terjadi kemarin (MotoGP Indonesia) bukan proses instan tetapi akumulasi proses lima tahun hingga menjadi sirkuit,” tutur¬†Abdulbar kepada wartawan di bilangan Senayan, Jakarta, pada Jumat (25/3/2022).

Abdulbar mengutarakan Pemerintah menyerahkan kawasan Mandalika seluas 1200 hektar ke pihaknya pada 2012 berdasarkan kisah sukses ITDC mengembangkan area Nusa Dua di Bali.

Baca juga: Hal Baik dan Buruk dari MotoGP Indonesia di Mata Jurnalis Luar Negeri

ITDC merencanakan strategi pembangunan yang bisa mengakselerasi kunjungan pengunjung ke Mandalika.

Setelah mempertimbangkan beberapa opsi, mereka akhirnya memilih sports tourism dengan MotoGP menjadi jantung kegiatan.

“Pada waktu itu kami menggagas bahwa Mandalika lebih cocok dijadikan area sports tourism dengan lima pantai indah yang dimiliki di area tersebut,” lanjutnya.

“Kalau hanya membangun hotel, kedatangan pengunjung pasti akan incremental (bertahap), kami membahas apa yang bisa membuat Mandalika terkenal dan memutuskan untuk membuat sirkuit MotoGP.”

Akan tetapi, mendatangkan balapan Grand Prix ke Indonesia setelah dua dekade absen tak sepenuhnya mudah.

Pembangunan sirkuit dan kawasan hanya bisa berjalan jika ada pihak yang meneken kontrak dengan Dorna.

Pebalap memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 2 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 2 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Quartararo dan Morbidelli menempati posisi dua teratas dalam hasil gabungan latihan bebas alias free practice (FP) 1 dan 2 MotoGP Mandalika.

Related posts