9 February 2021 : 02.28

Kamaru Usman, Juara UFC yang Sering Disebut Membosankan

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Kamaru Usman merupakan salah satu bintang UFC yang kerap disebut punya gaya bertarung membosankan. Rekor Usman di UFC jadi bukti bagi para pendukung anggapan tersebut.

Dalam kariernya sebagai petarung profesional, Usman memiliki rekor 17 kemenangan dan hanya menelan satu kekalahan. Satu-satunya kekalahan Usman dideritanya pada laga kedua di ajang CFA saat ia kalah dari Jose Caceres.

Sejak bergabung dan bertarung di bawah bendera UFC, Usman selalu menang dalam 11 pertarungan yang ia lakoni.

Sabuk kelas welter pun melingkar di pinggangnya sejak ia menaklukkan Tyron Woodley pada 2019. Usman pun sudah sukses dua kali mempertahankan gelar yaitu ketika duel lawan Colby Covington dan Jorge Masvidal.

Meski punya rekor impresif di UFC, Usman tak selamanya dinaungi komentar-komentar positif. Banyak pula yang menganggap Usman sebagai petarung yang membosankan.

LAS VEGAS, NEVADA - MARCH 02: Kamaru Usman of Nigeria celebrates after defeating Tyron Woodley in a welterweight title bout during UFC 235 at T-Mobile Arena on March 02, 2019 in Las Vegas, Nevada. Usman won by unanimous decision.   Isaac Brekken/Getty Images/AFPKamaru Usman belum terkalahkan sejak bergabung dan bertarung di UFC. (AFP/Isaac Brekken)

Salah satu alasannya adalah Usman sembilan kemenangan lewat angka dari 11 kemenangan yang ia petik di UFC sejauh ini.

Usman punya teknik gulat yang hebat dan hal ini yang membuat ia bisa mendominasi pertarungan serta mendapatkan kemenangan angka lewat keputusan menang angka mutlak alias tiga juri yang ada selalu memenangkannya.

Meski dominan dalam ground fighting, Usman juga tak punya rekor kemenangan submission yang impresif. Ia hanya satu kali mengoleksi kemenangan submission.

Usman sempat memberi bukti bahwa ia tak selalu jadi petarung yang dianggap membosankan. Dalam duel perebutan gelar lawan Covington, Usman menang TKO di ronde kelima.

LAS VEGAS, NEVADA - DECEMBER 14: UFC welterweight champion Kamaru Usman (L) trades punches with Colby Covington in their welterweight title fight during UFC 245 at T-Mobile Arena on December 14, 2019 in Las Vegas, Nevada. Usman retained his title with a fifth-round TKO.   Steve Marcus/Getty Images/AFPKamaru Usman baru dua kali menang KO/TKO di UFC. (AFP/Steve Marcus)

Tetapi kemudian sejumlah penggemar UFC kembali memberi julukan petarung membosankan pada Usman dalam duel lawan Masvidal.

Laga Usman vs Masvidal disambut meriah karena Masvidal adalah salah satu petarung eksentrik di UFC. Namun dalam laga yang berlangsung, Masvidal tak berdaya dan terus ditekan oleh aksi gulat Usman.

Jurus injakan kaki Usman saat menekan Masvidal bahkan jadi bahan ledekan.

Usman sendiri punya jawaban terhadap ejekan-ejekan dan julukan membosankan yang mengarah padanya.

GIF Banner Promo Testimoni

“Ada momen ketika orang-orang mulai membenci Floyd Mayweather karena dia sangat dominan. Defense Floyd sangat bagus dan dia sangat hebat dalam hal itu. Semua setuju akan hal itu. Kemudian semua orang mulai berkata,’Tidak, itu membosankan. Dia tidak bertarung’. Apakah orang-orang memang ingin perkelahian macam di bar?”

“Petarung mempertaruhkan risiko kehidupan di octagon. Apa arti berlatih setiap hari dan kemudian datang dengan tekad mendapat pukulan? Petarung berlatih agar pukulan lawan meleset, agar bisa mendominasi jalannya laga. Itulah tujuan latihan. Saya melakukannya lebih baik dari siapapun,” ujar Usman, dikutip dari Sportskeeda.

(ptr/nva)

Related Post

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition