Kemenhub Sediakan Bus Gratis bagi Penonton MotoGP Mandalika

  • Whatsapp

TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat  Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyediakan bus gratis bagi penonton saat penyelenggaraan MotoGP 2022 Mandalika.

Bus-bus yang disiapkan nantinya akan melayani para penonton MotoGP yang datang dari berbagai bandara, pelabuhan, dan terminal.

Dalam rangka dukungan untuk penyelenggaraan MotoGP 2022 Mandalika, Ditjen Hubdat menyiapkan anggaran sebesar Rp21,25 miliar.

Simulasi tersebut digelar dalam rangka menyambut gelaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) 18 - 20 Maret 2022 mendatang.
Simulasi tersebut digelar dalam rangka menyambut gelaran MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) 18 – 20 Maret 2022 mendatang. (dok. Kemenhub)

Baca juga: Trek Sirkuit Mandalika Akhirnya Diaspal Ulang Setelah Dikomplain Pembalap

Baca juga: Kabar Baik, Ada 188 Bus Gratis untuk Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam konferensi pers secara daring, Rabu (16/2/2022) mengungkapkan bahwa anggaran disiapkan untuk berbagai keperluan.

“Yang pertama adalah dukungan shuttle bus dengan anggaran Rp5,4 miliar untuk 188 unit bus, di mana 81 unit bus dari Kementerian Perhubungan di dalam kawasan Mandalika dan juga ada bus yang digunakan untuk antarmodanya sekitar 103 bus yang akan disiapkan oleh ITDC,” kata Budi Setyadi.

Menurut Budi, pihaknya juga menganggarkan dana sebesar Rp8,84 miliar untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute ke pusat kota dan simpul transportasi darat di luar kawasan
sirkuit Mandalika.

“Jadi simpul transportasi darat mulai dari Gili Mas, Lembar, Bangsal, Kayangan, Bandara Bizam, dan pusat kota jumlahnya diperkirakan 278 bus. Kami siapkan ini karena akan banyak penonton yang datang dari luar kota,” kata Budi.

Keenam rute tersebut adalah:

1. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Bangsal (bus kecil) MEDIA CENTER INDONESIA MOTOGP MANDALIKA 2022 Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika
2. Sirkuit Mandalika – Pusat kota Mataram (bus sedang)
3. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Lembar (bus kecil);
4. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Gilimas (bus kecil)
5. Sirkuit Mandalika – Bandara Bizam (bus besar)
6. Sirkuit Mandalika – Pelabuhan Kahyangan (bus kecil).

Selain itu, pihaknya juga akan membangun 4 unit halte bus di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang akan disebar di beberapa titik mulai dari Parkir Sentral Timur, Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp1,5 miliar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.