Kemenparekraf Targetkan Multiplier Effect MotoGP Mandalika Rp 500 Miliar

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan multiplier effect dari ajang MotoGP 2022 sebesar Rp 500 miliar dengan menciptakan sebanyak 35.000 hingga 50.000 lapangan kerja baru.

Sebagai event sport tourism kelas dunia yang berlangsung pada 18-20 Maret 2022, Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) diharapkan dapat memberikan dampak maksimal terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional, melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

“Insya Allah Rp 500 miliar bisa berputar dengan menciptakan 35.000 hingga 50.000 lapangan kerja baru sebagai dampak dari event MotoGP ini. Kami mengharapkan tentunya sinergitas dari kita semua untuk sama-sama menyukseskan event yang merupakan kebanggaan kita semua sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional,” ujar Direktur Event Nasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati melalui siaran pers, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Ada MotoGP, Lonjakan Penumpang di Bandara Lombok Mencapai 134 Persen

Untuk mendukung target tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf melakukan berbagai bentuk koordinasi dan kolaborasi baik dengan pemda maupun juga dengan pihak swasta lainnya dalam skema pentahelix pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menyukseskan kegiatan MotoGP 2022.

Di antaranya bekerja sama dengan BMKG, BRIN, dan TNI AU untuk memanfaatkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dalam mencegah mencegah hujan di langit Mandalika serta membantu memitigasi situasi selama ajang berlangsung.

Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Kemenkes, BNPB, Basarnas, Polri, Kemenhub, Pemda, dan PHRI membangun Tourism Help Desk dalam rangka event balap MotoGP Mandalika 2022 yang berfungsi sebagai wadah konsultasi dan informasi untuk calon pelaku perjalanan, pengaduan, serta fasilitasi saran dan masukan dari pelaku perjalanan.

Untuk mendukung promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, Kemenparekraf/Baparekraf juga menggelar side event. Diantaranya Festival Jajanan Bango yang melibatkan 50 penjaja makanan khas Indonesia berlokasi di pantai Kuta Mandalika.

“Selain itu juga Food Truck Goes to Mandalika bekerja sama dengan Gojek Indonesia menghadirkan 15 unit food truck di Mandalika. Juga aksilarasi, aksi selaras sinergi, penampilan film pendek sebanyak dua film pendek produk aksilarasi yang akan diputar di Beach Park Kuta Mandalika pada 18 Maret 2022,” kata Dessy.

Sebagai upaya dukungan Kemenparekraf terhadap UMKM, terdapat 10 UMKM binaan Kemenparekraf yang masuk dalam booth Pertamina pada event MotoGP. Selain itu dalam mempromosikan produk parekraf, /Baparekraf mengadakan showcasing produk ekraf melalui Planogram Goes to Mandalika yang berlokasi di terminal kedatangan Bizam area selasar dengan jumlah peserta 300 dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner.

Sementara untuk akomodasi, Kemenparekraf/Baparekraf telah berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemda, Bobobox, dan PT Kelana terkait penyiapan amenitas dengan meningkatkan kapasita pengelola homestay/sarhunta di wilayah Desa Wisata Kuta Mandalika dan Gili Tramena (Trawangan-Meno-Air) serta fasilitasi penataan destinasi di lingkungan homestay yang berlokasi di Desa Wisata Kuta.

Related posts