Kilas Balik Perjuangan Menghadirkan MotoGP di Sirkuit Mandalika

  • Whatsapp

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia baru saja sukses menggelar MotoGP Mandalika 2022. Balapan yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu menjadi seri kedua MotoGP 2022 setelah pembuka di Qatar. 

Pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira menorehkan sejarah sebagai pembalap pertama yang berhasil memenangi balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Oliveira mengungguli Fabio Quartararo dan Johann Zarco. 

Kesuksesan pergelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia tersebut ternyata butuh perjuangan selama lima tahun. Membawa MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun bukanlah perjuangan mudah. 

Direktur Utama ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation), Abdulbar M. Mansoer, menjabarkan proses kembalinya balapan MotoGP ke Tanah Air setelah terakhir kali digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, pada 1997.

Mulai dari membenahi kawasan kosong, membujuk Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP untuk menggelar balapan walau belum ada lintasan, hingga proses pembangunan di tengah pandemi.

Seorang pawang hujan di ajang MotoGP Mandalika 2022 mendadak terkenal usai aksinya di tengah sirkuit viral. Apa sebenarnya yang ia lakukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.