Klarifikasi Kemenkeu: Bukan Barang Pemberian Pebalap MotoGP ke Penonton yang Dilelang

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Staf Khusus Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, memberikan klarifikasi terkait kabar yang beredar bahwa barang-barang milik pebalap MotoGP akan dilelang. 

Yustinus Prastowo membenarkan barang-barang pebalap akan dilelang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). 

Namun, ia meluruskan bahwa yang akan dilelang bukanlah barang pemberian pebalap ke penonton, melainkan yang diberikan para rider ke Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan Kemenkeu untuk tujuan amal. 

“Kami luruskan. Barang yang akan dilelang @DitjenKN adalah merchandise pemberian pebalap ke ITDC, MGPA, dan Kemenkeu untuk tujuan amal, bukan barang-barang dari pebalap yang diberikan ke penonton,” kata Yustinus Prastowo di akun Twitter-nya, Rabu (30/3/2022). 

Baca juga: Barang Pemberian Pebalap MotoGP untuk Penonton di Mandalika Akan Dilelang

“Jadi, barang yang diterima penonton tetap menjadi milik masing-masing dan tidak ada kaitan dengan lelang,” tutur Yustinus Prastowo. 

Informasi yang Kompas.com dapatkan dari Kementerian Keuangan terkait barang-barang yang akan dilelang adalah beberapa kaus, baju, topi, dan sarung tangan bertandatangan para rider.

Sebanyak tiga kaus dan tiga kemeja merchandise resmi dengan tanda tangan tiga pebalap: Marc Marquez (Honda), Pol Espargaro (Honda), dan juga juara MotoGP Indonesia, Miguel Oliveira.

Selain itu, Marquez juga menyumbang dua topi bertanda tangan, sementara Maverick Vinales menyumbang topi dan sarung tangan. 

Total, ada 10 barang yang akan dilelang untuk tujuan amal.

Baca juga: Jadwal MotoGP Argentina 2022, Tak Ada Marquez dalam Balapan Ini…

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Kemenkeu akan melelang barang yang diberikan pebalap kepada penonton saat MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022). 

Related posts