[KLARIFIKASI] Kemenkeu Lelang Barang Pebalap MotoGP Milik Penonton

  • Whatsapp
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com – Beredar narasi di media sosial mengenai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan melelang barang pebalap MotoGp Mandalika 2022 yang diberikan ke penonton.

Disebutkan bahwa salah satu barang yang dilelang yakni helm dari pebalap asal Spanyol, Aleix Espargaro.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, ada yang keliru dari informasi tersebut.

Kemenkeu tidak melelang barang yang sudah jadi hak milik penonton.

Narasi yang beredar

Informasi mengenai Kemenkeu melelang barang pebalap MotoGP milik penonton, disebarkan oleh akun Facebook ini, ini, ini, dan ini.

Ini maksodnya gimana nih?? Bukannya barang2 yg udah d Kasikan ke rider tuh udah jd hak milik penonton yah??Lah kok malah ada d tangan kementrian keuangan dan mau d lelang. Gimana ceritanya coba?? Tolong jelaskan lah pada aku yg tak paham masalah MotoGP macem nih,” tulis salah satu akun.

Akun tersebut mengunggah gambar seorang pebalap memberikan helm kepada penonton, kemudian disertai narasi berikut:

Kemenkeu bakal lelang barang yang diberikan pembalap ke penonton, helm salah satunya. Barang diberikan rider ke penonton usai balapan beberapa waktu lalu bakal segera dilelang. Ada 11 barang yang akan dilelang oleh Kemenkeu, salah satunya helm dari Aleiz Espargaro.

Tangkapan layar informasi keliru di sebuah akun Facebook, pada 1 April 2022, mengenai Kemenkeu melelang barang pembalap MotoGP milik penonton.akun Facebook Tangkapan layar informasi keliru di sebuah akun Facebook, pada 1 April 2022, mengenai Kemenkeu melelang barang pembalap MotoGP milik penonton.

Penelusuran Kompas.com

Betul bahwa Kemenku, melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melelang barang pemberian pebalap MotoGP.

Akan tetapi, barang itu bukan milik penonton. Pebalap MotoGP secara khusus memberikan barang itu kepada Pemerintah Indonesia agar dilelang untuk tujuan amal.

Related posts