15 May 2021 : 08.09

Komentar Valentino Rossi soal Tikungan Angker di MotoGP Perancis 2021

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook

KOMPAS.comValentino Rossi menyebut Tikungan 3 di Sirkuit Le Mans pada seri MotoGP Perancis 2021 sebagai mimpi buruk.

Tikungan 3 di Sirkuit Le Mans bak menjadi tempat angker di sesi Free Practice atau latihan bebas MotoGP Perancis 2021.

Dalam sesi Free Practice 1 dan 2 MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans pada Jumat (14/5/2021) kemarin, sejumlah pebalap mengalami crash di Tikungan 3.

Duo Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, serta andalan Ducati, Francesco Bagnaia menjadi sejumlah korban dari “keangkeran” Tikungan 3.

Pebalap sarat pengalaman yang memacu motor Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, menyebut tiga faktor yang menyebabkan Tikungan 3 Sirkuit Le Mans menjadi “angker”.

“Tikungan 3 adalah mimpi buruk. Pada setiap lap di mana Anda datang, Anda akan merasa cemas,” kata Rossi seperti dilansir dari Crash.net.

Baca juga: Hasil Gabungan FP1 dan FP2 MotoGP Perancis: Zarco Memimpin, Marquez-Rossi 10 Besar

Cuaca dingin dan basah di Sirkuit Le Mans kemudian disebut Rossi mendatangkan kesulitan tambahan buat pebalap saat melintasi Dunlop Chicane, sebutan untuk Tikungan 3.

“Pertama, adalah tikungan kiri awal, setelah itu dua tikungan ke kanan, lintasan lurus panjang, dan dua tikungan lagi ke kanan. Jadi, dalam suhu rendah, ban menjadi dingin tak mencengkeram kuat.”

“Perihal kedua adalah banking yang berlawanan. Negative banking adalah bencana bagi motor,” tutur sang pebalap kelahiran Urbino menambahkan.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Perancis – Tikungan 3 Makan Korban, Rossi 10 Besar

Banking merupakan perbedaan ketinggian antara bagian luar dan dalam trek pada sebuah belokan.

Bagian luar trek yang lebih rendah dibanding sisi dalam disebut sebagai negative banking. Kondisi itu bencana buat pebalap. 

Negative banking kerap memicu pebalap untuk jatuh dan keluar lintasan.

“Faktor ketiga adalah trek ini digunakan untuk balap mobil dalam 24 jam, dan bagian yang dipakai oleh mobil tak punya daya cengkeram kuat.”

“Aspal lebih usang. Ketika Anda menggelar balapan 24 jam dengan 70 mobil, trek menjadi cepat usang,” kata Rossi menutup penjelasannya.

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition