8 August 2021 : 08.27

Kronologi AS Salip China di Hari Terakhir Olimpiade Tokyo

Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Share on facebook
Jakarta, CNN Indonesia —

Amerika Serikat berhasil menyalip China dan jadi juara umum Olimpiade Tokyo 2020 di hari terakhir pelaksanaan, Minggu (8/8). Berikut kronologi momen tersebut.

Saat penutupan klasemen medali hari Sabtu (7/8), China masih unggul dua medali emas atas Amerika Serikat. China mengumpulkan 38 emas, 31 perak, dan 18 perunggu. Sementara itu Amerika Serikat memiliki 36 emas, 39 perak, dan 33 perunggu.

Namun dari sisa jadwal di hari terakhir, Minggu (8/8), Amerika Serikat punya peluang lebih banyak untuk meraih medali emas. Amerika Serikat masih punya potensi meraih lima emas tambahan sedangkan China hanya bisa menambah maksimal satu emas di hari terakhir.

Tim basket putri dan pembalap sepeda Jennifer Valente sukses menyumbangkan medali emas yang membuat Amerika Serikat menggeser posisi China di pertengahan hari Minggu.

Tim basket putri AS menaklukkan Jepang dengan skor 90-75. Brittney Griner jadi penyumbang poin terbanyak lewat catatan 30 poin disusul A’ja Wilson dengan torehan 19 angka.

Jennifer Valente juga jadi yang terbaik di nomor omnium. Ia mengalahkan Yumi Kajihara dari Jepang dan Kirsten Wild dari Belanda.

Gold medalist Jennifer Valente of Team United States reacts during medal ceremony for the track cycling women's omnium points race at the 2020 Summer Olympics, Sunday, Aug. 8, 2021, in Izu, Japan. (AP Photo/Christophe Ena)Jennifer Valente jadi salah satu peraih emas untuk Amerika Serikat di hari terakhir Olimpiade. (AP/Christophe Ena)

Tambahan dua emas tersebut membuat Amerika Serikat sudah bergeser ke posisi pertama dengan jumlah emas sama, yaitu 38 medali namun unggul dalam jumlah perak.

Pada saat yang hampir bersamaan, petinju Keyshawn Davis sedang berlaga di kelas ringan dan tim voli putri di babak final melawan Brasil.

Andai salah satu dari mereka mendapat emas Amerika Serikat dipastikan bakal mengunci status juara umum Olimpiade Tokyo.

Keyshawn Davis kalah dari Andy Cruz dengan skor 1-4. Namun tak lama berselang, tim voli putri Amerika Serikat mampu menaklukkan Brasil.

Tim voli putri AS mampu tampil dominan dan mengalahkan Brasil tiga set langsung, 25-21, 25-20, 25-14.

Kemenangan tersebut membuat AS memiliki 39 emas dan tak mungkin lagi dikejar China dalam perburuan gelar juara umum karena mereka unggul dalam jumlah perak.

China sendiri akhirnya gagal menambah medali emas pada hari terakhir Olimpiade setelah Li Qian kalah telak dari Lauren Price dengan skor telak 0-5.

Amerika Serikat juga tidak berhasil memperoleh emas ke-40 lantaran Richard Torrez Jr. kalah dari Bakhodir Jalolov di final tinju kelas berat super.

Amerika Serikat mengakhiri Olimpiade Tokyo 2020 dengan catatan 39 emas, 41 perak, dan 33 perunggu. China ada di posisi kedua dengan torehan 38 emas, 32 perak, dan 18 perunggu.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)

Contact Us

Contact us

FAQ

Advertise with us

About Us

Cookie Policy

Terms & Condition