Kronologi Terhambatnya Kargo MotoGP dari Lombok ke Argentina

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Jalannya MotoGP Argentina berubah jadi hanya dua hari. Penyebabnya adalah pesawat kargo yang membawa barang-barang milik tim mengalami masalah.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, mengatakan, setelah MotoGP Mandalika, lima pesawat berangkat dari Lombok ke Argentina. Lalu, satu pesawat bermasalah dan tertahan di Mombasa, Kenya.

Baca juga: Update Jadwal MotoGP Argentina 2022, Sesi Latihan Bebas Berkurang

“Kami mengambil keputusan untuk mengirim pesawat kembali yang sudah sampai lebih dulu di Argentina ke Lombok, untuk mengambil muatan tersebut,” ujar Ezpeleta, dikutip dari Crash.net, Jumat (1/4/2022).

Logistik MotoGP tiba di Bandara Lombok, diangkut lima pesawat kargo, Rabu (9/3/2022).Dok. Humas Bandara Lombok Logistik MotoGP tiba di Bandara Lombok, diangkut lima pesawat kargo, Rabu (9/3/2022).

Ezpeleta menambahkan, sayangnya pesawat yang membantu tersebut juga mengalami masalah juga di Mombasa. Salah satu dari empat mesin pesawat tersebut mengalami masalah pada bagian katupnya.

Dorna meminta kepada perusahaan tersebut untuk mengirimkan suku cadang pesawat kargo itu. Ezpeleta pun berharap semua bisa berjalan lancar dengan jadwal terbaru. Dia mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang menghambat semuanya adalah konflik Ukraina-Rusia.

Baca juga: Sesi Latihan Bebas MotoGP Argentina Resmi Mundur Sehari

“Banyak penerbangan dari perusahaan Rusia. Semua penerbangan ini sekarang dilarang (karena sanksi), lalu kami kehilangan hampir 20 persen penerbangan yang tersedia di dunia,” kata Ezpeleta.

Logistik MotoGP tiba di Bandara Lombok, diangkut lima pesawat kargo, Rabu (9/3/2022).Dok. Humas Bandara Lombok Logistik MotoGP tiba di Bandara Lombok, diangkut lima pesawat kargo, Rabu (9/3/2022).

“Masalahnya tidak ada penerbangan yang tersedia sekarang ini. Kami sudah mencoba menyelesaikan masalah sejak Rabu lalu. Jadi, kami tidak punya solusi lain selain menunggu katup untuk memperbaiki pesawat di Mombassa dan semoga saja bisa sampai di sini tepat waktu,” ujarnya.

Dari 499 balapan yang sudah digelar, baru kali ini masalah tersebut terjadi. Balapan pada MotoGP Argentina juga tidak bisa diundur hingga hari Senin. Sebab, akhir pekan berikutnya akan langsung dilanjutkan dengan MotoGP Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Related posts