Kumpulan Hoaks Seputar MotoGP Mandalika 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Di tengah antusias masyarakat Indonesia menyambut MotoGP Mandalika 2022 bulan lalu, beredar sejumlah informasi keliru di media sosial.

Seperti pola sebaran hoaks pada umumnya, informasi keliru tersebut beredar dalam bentuk konten yang dimanipulasi, kesalahan konteks, hingga satire.

Hati-hati menyebar informasi yang belum terbukti kebenarannya, agar informasi keliru tidak semakin beredar luas di masyarakat.

Berikut kumpulan hoaks seputar MotoGP 2022:

Hoaks Marquez ditolak rumah sakit karena tidak punya BPJS

Pebalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kecelakaan parah saat sesi pemanasan jelang race MotoGP Mandalika 2022, pada Minggu (20/3/2022). Dia pun dilarikan ke rumah sakit.

Di tengah insiden itu, beredar narasi bahwa Marquez ditolak rumah sakit karena tidak punya kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Bagaimanakah faktanya?

Marc Marquez melalui akun Instagram pribadinya, mengungkapkan bahwa ia telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mataram, Nusa Tenggara Barat.

“Saya baik-baik saja setelah kecelakaan besar yang saya alami pagi ini. Untuk tindakan pencegahan, dan untuk tidak mengambil risiko lagi, kami memutuskan untuk tidak balapan di #GP Indonesia,” tulis Marquez, Minggu (20/3/2022).

Terkait kabar ditolaknya Marquez dari rumah sakit karena tidak punya BPJS, juga dibantah oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Dia mengecek langsung kebenaran kabar tersebut dengan mendatangi Media Center Indonesia (MCI) Sirkuit Mandalika.

Johnny pun mengetahui fakta bahwa narasi yang beredar itu hanyalah guyonan yang dijadikan meme oleh warganet.

“Oh begitu (cuma guyonan), kirain beneran,” kata Johnny lega.

Kabar tentang Marc Marquez ditolak rumah sakit karena tak punya kartu BPJS Kesehatan kemungkinan adalah satire yang muncul sebagai respons masyarakat atas sulitnya mengakses layanan kesehatan tanpa kartu BPJS.

Baca penelusuran fakta selengkapnya di sini.

Related posts